Musrenbang, Prioritaskan Usulan Pembangunan

oleh
oleh

Empat Lawang – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Empat Lawang tahun perencanaan 2023 digelar.

Musrenbang digelar untuk mendapatkan masukan dari para stakeholder dalam rangka penyempurnaan rancangan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Empat Lawang tahun Perencanaan 2023.

“Tujuannya adalah diharapkan hasil pelaksanaan Musrenbang tahun 2022 dapat menyepakati hal-hal seperti menyepakati isu strategis, permasalahan pembangunan, menyepakati tema pembangunan, dalam menyepakati prioritas pembangunan,” papar Kepala Bappeda Empat Lawang, H Indera Supawi.

Dia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini adalah salah satu rangkaian tahapan perencanaan, setelah melaksanakan penjaringan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang tingkat desa, kelurahan, tingkat kecamatan untuk menyusun dokumen RKPD.

“Musrenbang tahun ini, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri nomor 86 Tahun 2017. Olehnya tekankan, untuk semua program usulan prioritas harus mempunyai asas manfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad disela – sela membuka Musrenbang RKPD Empat Lawang mengatakan, ada beberapa kendala isu strategis dan tantangan tahun ini yang harus segera tuntaskan dan harus masuk dalam usulan prioritas.

Diantaranya, meningkatnya tuntutan masyarakat terkait pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar, masih tingginya angka kemiskinan Kabupaten Empat Lawang. Dimana diketahui angka kemiskinan naik sebesar 3,8%.

“Ada apa ini, angka kemiskinan di Empat Lawang naik sebesar 3,8 % sejak tahun 2020 sampai saat ini. Bahkan jumlah pengangguran turun. Jadi what Haven, apakah datanya yang salah. Jadi saya minta Diskominfo, BPS, Capil tolong data kembali,”pinta Joncik.

Joncik menambahkan, pertumbuhan ekonomi Empat Lawang masih didominasi oleh sektor pertanian. “Kita tahu bahwa, mayoritas masyarakat Kabupaten Empat Lawang adalah bertani. Jadi kita minta kedepan prioritas di Empat Lawang akan terus kita tekankan,”ujarnya.

Melalui Musrenbang kabupaten, bupati Joncik mengharapkan, penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 harus lebih terarah, terukur dan akuntabel.

“Mampu menjawab isu-isu yang strategis yang ada, serta mampu menjawab permasalahan dan tatangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Empat Lawang secara tepat dan strategis.

Dibutuhkan sinergitas, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Musrebang hari ini, semoga apa yang dihasilkan menjadi pedoman dalam menyusun RKPD tahun 2023, untuk mencapai tujuan bersama mewujudkan Empat Lawang MADANI,” harapannya. (Ken)