Perkuat Pencegahan Kebakaran, Damkar Mura Ikuti Rakornas

oleh
oleh

MUSI RAWAS-Guna meningkatkan kesiapsiagaan seluruh aparatur pemadam kebakaran, Satuan Pol PP dan Damkar Kabupaten Mura makin aktif. Selain memberikan pelatihan kepada anggotanya, menurut Kasat Pol PP dan Damkar Mura, Dien Candra pihaknya selalu berkoordnasi dengan pihak pusat untuk mensinkronkan program.

Salah satunya berperan aktif menghadari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Rakornas dilaksanakan bersamaan dengan HUT Pemadam Kebakaran Indonesia ke-105 yang dilaksanakan Hotel Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta Selatan pada Selasa (1/3),” ungkap Kasat Dien Candra saat dihubungi wartawan via telepon seluler.

Dalam Rakornas tersebut dibahas berbagai hal khususnya mengenai sosialisasi kebijakan dan mengkampanyekan kesadaran pencegahan kebakaran kepada seluruh lapisan masyarakat.
“Intinya kita perkuat upaya kampanye kesadaran pencegahan kebakaran kepada masyarakat,” katanya seraya menambahkan HUT Pemadam Kebakaran 103 mengambil tema Pemadam Kebakaran dan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Sinergi Bahu Membahu Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

Rakornas sendiri disampaikannya Dien dilaksanakan berdasarkan Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menetapkan sub urusan kebakaran sebagai salah satu sub urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Rakornas dihadiri Mendagri, Jenderal Polisi (Purn.) Tito Karnavian diwakili Direktur Jenderal (dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Safrizal ZA M.Si.

Setelah acara tersebut Kasat Pol PP dan Damkar Mura, Dien Candra akan langsung mengikuti Rakornas Satpol PP tahun 2022 yang merupakan rangkaian HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas dalam rangka mewujudkan penyelenggara Trantibumlinmas yang baik menuju Indonesia Maju dan Sehat. Acara akan dilaksanakan Kamis (3/3) hingga Sabtu (5/3) di
Miliennium Hotel Jakarta Pusat.

“Salah satu agenda Rakornas Pol PP nantinya yakni arahan menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan juga pemberian penghargaan Satpol PP serta penyampaian materi oleh narasumber,” pungkas Dien. (pnc)