11 Fasum Ikut Rusak Diterjang Puting Beliung

RajaBackLink.com

MUSI RAWAS– Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mira), hingga mengakibatkan beberapa rumah dan pohon tumbang di Kecamatan Muara Beliti dan Tuah Negeri.

Peristiwa tersebut terjadi, Kamis (28/04/2022) sekitar pukul 15:30 WIB. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, setidaknya 24 rumah rusak berat dan 58 rumah rusak ringan.

RajaBackLink.com

Tak hanya itu, bencana puting beliung tersebut juga merusak 11 fasilitas umum (Fasum) di Kecamatan Muara Beliti, serta beberapa pohon tumbang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Mura, H Darsan mengatakan, dua Kecamatan di Kabupaten Mura yakni di Kecamatan Muara Beliti dan Tuah Negeri, Kamis (28/04/2022) diterjang anggun puting beliung.

“Akibatnya 24 rumah rusak berat dan 58 rusak berat. Kemudian ada juga fasum yang ikut rusak, seperti Kantor OPD Polsek dan fasum lainnya,” kata Darsan.

Dia menjelaskan, kerusakan terjadi di Desa Muara Beliti Baru dan Komplek Perkantoran Pemkab Mura, sebanyak 5 rumah rusak berat dan 10 rumah rusak ringan. Sedangkan untuk korban jiwa nihil

Kemudian di Kelurahan Pasar Muara Beliti. Dari data sementara di lapangan terdapat 17 rumah rusak berat dan 43 rumah rusak ringan yang mayoritas rusak di bagian atap. Korban jiwa juga nihil

“Selanjutnya di Desa Suro hanya 1 rumah rusak berat dan 5 rumah rusak ringan. Kalau untuk fasum yakni Laboratorium Dinas Kesehatan lepas bagian atap, pohon tumbang menimpa tempat parkir di Dinas Perhubungan,” jelas Darsan.

Kemudian, pos induk Damkar tertimpa tower RRI (Radio Republik Indonesia) yang roboh dan beberapa pohon tumbang di sekitaran Komplek Perkantoran. Polsek Muara Beliti rusak di bagian atap asrama dan pohon tumbang.

“Kantor Camat Muara Beliti tertimpa pohon, Puskesmas Muara Beliti pintu kacanya pecah dan pohon patah, Kantor Pos plang kantor pos lepas dan Kantor KPU rusak di bagian atap lepas dan pohon tumbang serta Kantor PDAM pohon tumbang dan Rumah Dinas Pertanian terimpa pohon tumbang,” ungkapnya.

Dikatakannya, sedangkan untuk di Kecamatan Tuah Negeri terjadi di Desa Remayu. Belum diketahui data pastinya, namun beberapa rumah rusak bagian atap san 2 titik pohon tumbang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Remayu dan menimpa kabel listrik.

Kemudian di Desa Petunang. Dari data sementara di lapangan 1 rumah bedeng milik Adiyos Lena yg dihuni oleh 3 kepala keluarga (KK) rusak bagian atap terangkat dan 3 titik pohon tumbang di Jalinsum Petunang dan menimpa kabel listrik.

Ditambahkan Darsan, setelah di lakukan pendataan dan kami cepat, BPBD bersama camat dan Polres serta Pemerintah setempat membersihkan puing-puing akibat bencana angin puting beliung

“Untuk 1 rumah rusak berat di Desa Muara Beliti Baru diperbaiki sementara oleh TRC BPBD dengan memasang terpal dibagian atapnya. Begitu juga untuk Laboratorium Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sedangkan untuk pohon tumbang yang menutup jalan di Desa Remayu dan Desa Petunang juga sudah di bersihkan, sehingga lalu lintas kembali lancar dan kabel listrik juga sudah mulai di perbaiki oleh PLN. (kom)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.