Ternyata Banyak Manfaat dari Serai Wangi, Berikut Ulasannya

MUREKS.CO.ID Tanaman Serai Wangi ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai bahan baku industri sabun.  Tim Penggerak PKK Kecamatan Bayung Lincir membuat inovasi berbagai produk dari olahan tanaman Serai Wangi.

Ketua TP PKK Kecamatan Bayung Lencir Agustuti Imron menyampaikan manfaat minyak Serai Wangi sangat beragam. Antara lain sebagai bahan baku industri sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, aromaterapi.

Selain itu sebagai bahan aktif pestisida nabati, serta mengurangi ruam, gatal, inflamasi, infeksi, rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga : Asyik Makan Bakso, Emak-emak Dicekik dan Dipukul

Pelatihan membuat berbagai produk dari olahan Serai Wangi ini disaksikan langsung Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi di Kantor Kecamatan Bayung Lencir, Jumat, 18 November 2022.

“Alhamdullilah hari ini bisa berkesempatan bersama ibu-ibu TP PKK Kecamatan Bayung Lencir untuk belajar proses pembuatan berbagai produk olahan dari bahan baku Serai Wangi. Kita belajar sama-sama agar bisa menghasilkan produk yang dapat dipromosikan, sehingga bisa menjadi salah satu peendapatan bagi ibu-ibu TP PKK Kabupaten hingga desa,” ungkap Pj Ketua TP PKK Muba.

Istri Pj Bupati Muba ini juga mengapresiasi atas inovasi olahan produk berbahan baku Serai Wangi dari TP PKK Kecamatan Bayung Lencir. Dirinya mendorong agar kedepan produk yang dihasilkan ini bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta melalui dukungan Pemkab Muba, sehingga bisa berkembang dan bernilai ekonomis.

Baca Juga : Begini Pesan Suami Emak-emak yang Tewas Ditabrak Pajero Sebelum Kejadian

“Kita semua hari ini sudah melihat langsung bagaiman proses pembuatan produk berupa Sabun Sereh Wangi, Sabun Tangan (Handsanitizer), Lilin Aroma Terapi dan Minyak Urut Sereh Wangi. Kalau dilihat prosesnya tidak terlalu sulit, asal kita mau. Oleh karena itu kita berharap agar TP PKK Kecamatan dapat berbagi ilmu dengan ibu-ibu PKK di kecamatan lainnya juga,”ucap Asna Aini.

Turut hadir Ketua IKATRI Muba Prestuti Meidiana Sugondo dan Anggota dan Pengurus TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin dan anggota TP PKK Kecamatan dan Desa dalam Kecamatan Bayung Lencir.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *