STQ Ke V Tingkat Kota Lubuklinggau Resmi Dibuka, 117 Peserta Siap Bersaing

Laporan: Bayu Pratama Sembiring
LUBUKLINGGAU-Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-V tingkat Kota Lubuklinggau Tahun 2021 telah resmi dibuka pada Jum’at (19/2) tepat pada pukul 21.00 WIB, di Masjid Agung As-Salam yang juga merupakan arena utama STQ Ke-V tingkat Kota Lubuklinggau.
Kegiatan yang bertema “Melalui STQ Tingkat Kota Lubuklinggau Tahun 2021, Kita Wujudkan Generasi Maju dan Berakhlak Mulia, Sesuai Dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an” tersebut dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau, H.SN. Prana Putra Sohe.
Turut juga mendampingi Walikota Lubuklinggau, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Lubuklinggau, yakni Wakil Walikota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono, Dandim 0406 MLM, Letkol Inf Erwinsyah Taupan, dan Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H. Rodi Wijaya.
Menurut laporan yang sampaikam oleh Kabag Kesra H. Wiwin Eka Saputra, kegiatan diikuti oleh semua perwakilan kafilah dari 8 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 117 orang.
“Adapun cabang yang dilombakan yaitu Tilawah Qur’an, Hifdzil Qur’an, Tafsir Qur’an, serta Musabaqah Hadits Nabi, dengan 117 peserta dari 8 perwakilan Kafilah,” ujar Wiwin dalam laporannya.
Wiwin juga menjelaskan, STQ Ke V Tingkat Kota Lubuklinggau Tahun 2021 sebagai persiapan untuk menghadapai STQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan dilaksanakan di OKU Timur pada Mei 2021.
“Kegiatan STQ ini sebagai bentuk kaderisasi serta untuk mencari bakat-bakat bidang tilawah di Lubuklinggau, agar dalam STQ tingkat Provinsi nanti, Lubuklinggau siap mengirimkan putra-putri terbaiknya,” lapor Wiwin.
Sementara Walikota Lubuklinggau, H. SN. Prana Putra Sohe, menerangkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk syiar dalam menanamkan perilaku masyarakat yang sesuai dengan Al-Qur’an.
“Kegiatan STQ ini sebagai bentuk syiar agama dalam menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai bacaan, pedoman, dan tuntunan hidup,” ujar Walikota Lubuklinggau.
Dalam kesempatan tersebut, Nanan, sapaan akrab Walikota Lubuklinggau, juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan jangan takut dengan vaksin.
“Berusaha untuk menghindari wabah dan mencegah virus penyakit, ini juga merupakan tuntunan Al-Qur’an, untuk itu warga jangan takut dengan vaksin, apalagi percaya hoaks-hoaks yang menyebar lewat medsos terkait efek sampingnya. Kita harus bijaksana,” ujar Nanan.
Kegiatan pembukaan STQ Ke V Tingkat Kota Lubuklinggau Tahun 2021 itu diakhiri dengan penabuhan tambur oleh Walikota dan unsur FKPD Kota Lubuklinggau sebagai simbolis bahwa kegiatan siap dilaksanakan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.