Riezky Aprilia Salurkan Program Aspirasi Ke DLH Lubuklinggau

Laporan: Bayu Pratama Sembiring
LUBUKLINGGAU– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau mendapatkan bantuan sarana dan prasarana (bansarpras) kebersihan lingkungan berupa gerobak dan kotak sampah tematik yang dianggarkan melalui program aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, Riezky Aprilia.
Penyerahan bantuan secara simbolis di lakukan di Kantor DLH Kota Lubuklinggau, RT. 05, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Rabu (17/2).
Penyerahan bansarpras tersebut diterima langsung oleh Kepala DLH Kota Lubuklinggau, Subandio Amin.
Subandio menjelaskan jika bantuan tersebut akan sangat membantu para ‘pahlawan’ lingkungan khususnya di Lubuklinggau.
“Bantuan ini akan sangat berguna untuk mengatasi masalah sampah yang makin kompleks. Kami dan para petugas kebersihan hari ini punya tanggungjawab lebih untuk mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah. Dengan bantuan kotak sampah tematik ini, akan memudahkan petugas kita dalam mensosialisasikan kesadaran akan sampah,” ujar Subandio.
Lebih lanjut, Subandio menjelaskan jika bantuan yang diserahkan akan secepatnya disalurkan kepada petugas untuk dapat ditempatkan di tempat-tempat umum yang banyak dilintasi masyarakat.
“Secepatnya akan kami salurkan, khususnya di tempat-tempat umum, ini akan sangat bermanfaat. Dan kami berharap bantuan-bantuan seperti ini akan terus di berikan mengingat saat ini DLH sangat kekurangan sarana prasarana dalam mengelola sampah,” ujar Subandio.
Anggota Komisi IV DPR RI, Riezky Aprilia, melalui Tenaga Ahli-nya, Rayzaldy Armas, menjelaskan bahwa bantuan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab pihaknya dalam mengatasi masalah sampah.
“Bantuan ini dianggarkan langsung dari APBN sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat melalui anggota dewan terhadap permasalahan sampah. Pengadaan ini kami juga harapkan akan di follow up dengan program-program lainnya yang lebih bermanfaat,” ungkap Rey, sapaan akrab Rayzaldy.
Lebih lanjut, Rey juga menerangkan program ini sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan sampah yang mulai kompleks di Indonesia.
“Sebagai perwakilan dapil, Yunda Riezky punya tanggung jawab untuk ikut membantu mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan. Dengan kotak sampah tematik ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam memilah sampah,” sambung Rey.
Sementara itu, Wakil Komisi II DPRD Kota Lubuklinggau, Wansari, yang juga turut hadir dalam acara serah terima tersebut, mengucapkan terima kasih atas perhatian dari DPR RI terkait masalah sampah.
“Kami khususnya warga Kota Lubuklinggau, mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian ibu Riezky dalam hal mengatasi permasalahan sampah ini. Kami berharap kerjasama yang baik antara pusat dan daerah bisa benar-benar mengatasi masalah yang sudah akut ini, baik kerjasama melalui pemikiran maupun program,”  terang politisi asal PDI Perjuangan itu.
Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Musirawas, Azandri, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Musirawas, Febriansyah. Dalam keterangannya, Azandri juga mengucapkan terimakasih, bukan saja kepada Riezky Aprilia, namun juga kepada masyarakat yang bersedia menjaga kebersihan lingkungan.
“Pahlawan sebenarnya itu adalah masyarakat yang dengan kesadaran tinggi dapat memelihara lingkungan dari sampah. Musi Rawas dan Lubuklinggau punya masalah yang sama dengan sampah. Untuk itu, program yang baik dari Yunda Riezky ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan masyarakat,” pungkas Azandri.
Adapun unit yang diserahkan berupa 10 unit gerobak sampah dorong, dan 10 unit kotak sampah tematik.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.