PWI Sumsel Sambut Baik Bina Darma Buka S2 Ilmu Kewartawanan

RajaBackLink.com

PALEMBANG – Universitas Bina Darma Palembang membuka kelas khusus bagi para wartawan yang tergabung di PWI Sumatera Selatan (Sumsel) untuk berkuliah S2 (Magister) Komunikasi di Universitas Bina Darma Palembang.
Demikian disampaikan Rektor Universitas Bina Darma Palembang Dr Sunda Ariana MPd MM melalui Wakil Rektor III Universitas Bina Darma Palembang, Hendri Zainudin SAg SH MM, Rabu (7/7/2021) siang saat berkunjung ke Sekretariat PWI Sumsel.
Menurutnya, ini upaya Universitas Bina Darma untuk menampung kebutuhan pendidikan bagi para wartawan di Sumsel.
“Dua hari yang lalu kita sudah berkomunikasi, dan hari ini kita bisa bertemu bersama terkait kerjasama Universitas Bina Darma Palembang dan PWI Sumsel untuk kuliah S2 Komunikasi,” kata dia didampingi Wakil Rektor II Bidang Riset, Inovasi dan Teknologi Dr Edi Surya Negara MKom, Direktur Kerjasama UBD Feri Kurniawan, Kepala Prodi Fakultas Keolahragaan, Haris.
Ia mengaku pihaknya diutus Rektor Universitas Bina Darma Palembang Dr Sunda Ariana MPd MM untuk menjalin sinergi dengan media.
“Kami ingin menyampaikan ada satu pemikiran Ibu Sunda ini terkait kerjasama dengan jurnalis. Setelah dipikirkan oleh Ibu Sunda, organiasasi yang sudah sangat diakui kinerja teritama dari pemerintah adalah PWI. Ini adalah terobosan dari Bina Darma, dimana program kami ingin membuka kelas lebih kurang 30 orang untuk menjadi mahasisa S2 di Bina Darma jurusan Ilmu Komunikasi berkaitan dengan kewartawan,” kata Hendri.
DItambahkannya, bahwa Universitas Bina Darma Palembang sudah memikirkan terkait biaya yang dibutuhkan.
“Kedua kerjasama ini sudah kita pikrkan bersama seringan-ringannya. Tapi memang kita ingin pintu masuknya itu dari PWI Sumsel,” tambah dia.
Hendri mengatakan bahwa biaya yang dibutuhkan sampai tamat kuliah hanya sekitar Rp24 juta.
“Biayanya ringan, nyaris gratis. Sampai tamat, program yang kita tawarkan kepada wartawan yang diwakili dengan PWI Sumsel, sampai selesai sekitar Rp24 juta. Kita beri kemurahan lagi, bayarnya bisa dicicil. Kami asumsikan sebulan menyisikan uang sekitar Rp900 ribu,” kata Hendri.
Ia menyampaikan bahwa kelas khusus bagi wartawan banyak sekali keunggulannya.
“Pertama bebas uang pangkal. Kedua waktu kuliah fleksibel, Senin sampai Kamis jam 16.00 – 18.00 atau Sabtu-Minggu. Biaya hanya Rp900 ribu/bulan sudah termasuk biaya ujian semester, dan biaya bimbingna sekitar Rp250 ribu. Total Rp24,6 juta sekitar 4 semester sampai selesai,” jelas Wakil Rektor III Universitas Bina Darma ini.
Dirinya meminta kepada pengurus dan anggota PWI Sumsel untuk menyosialisasikan program ini kepada para wartawan.
Sementara itu Ketua PWI Sumatra Selatan, H Firdaus Komar Spd MSi sangat mengapresiasi langkah Universitas Bina Darma Palembang terkait untuk peningkatan kualitas dan kompetensi wartawan di Sumsel.
“Ini bentuk sinergitas yang luar biasa antara Universitas Bina Darma Palembang dan PWI Sumsel. Melalui program Kuliah S2 ini bisa mencetak wartawan yang lebih berkualitas dan berprestasi,” pungkas dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.