Bagi Anda yang tertarik dengan Yamaha Nmax Turbo, penting untuk tidak hanya fokus pada harga beli, tetapi juga mempertimbangkan biaya kepemilikan tahunan. Pajak tahunan Yamaha Nmax Turbo keluaran 2025 diketahui tembus angka Rp 400 ribuan.
Perhitungan pajak tahunan ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Berdasarkan regulasi tersebut, pajak Nmax Turbo nyaris menyentuh Rp 500 ribu.
Simak artikel informatif lainnya hanya di mureks.co.id.
Rincian Perhitungan Pajak Yamaha Nmax Turbo 2025
Dalam aturan tersebut, diketahui Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) untuk Nmax Turbo dengan kode BLS adalah sebesar Rp 22,6 juta. Dengan tarif PKB yang berlaku di Jakarta untuk kepemilikan pertama sebesar 2%, berikut adalah rincian perhitungannya:
- PKB Pokok: DP PKB Nmax Turbo x tarif PKB = Rp 22,6 juta x 2% = Rp 452.000
- Pajak Tahunan Total: PKB Pokok + SWDKLLJ motor = Rp 452.000 + Rp 35.000 = Rp 487.000
Perlu dicatat, perhitungan ini berlaku untuk wilayah Jakarta. Tarif PKB dan besaran pajak tahunan dapat berbeda di wilayah lain di Indonesia, tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat.
Spesifikasi Unggulan Yamaha Nmax Turbo
Sebagai informasi tambahan, Yamaha Nmax Turbo mengusung mesin Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC dengan performa yang mirip dengan Lexi LX 155. Khusus untuk varian Turbo dan Turbo Tech Max, motor ini dilengkapi dengan teknologi YECVT.
Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga puncak 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Kehadiran teknologi YECVT menggantikan sistem CVT konvensional, memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif.
Salah satu fitur menarik dari Nmax Turbo adalah adanya riding mode yang menawarkan dua pilihan: T-Mode dan S-Mode. T-Mode dirancang untuk penggunaan di perkotaan, sementara S-Mode lebih cocok untuk perjalanan jarak jauh (touring), menanjak, berboncengan, atau saat membutuhkan manuver cepat untuk menyusul kendaraan lain.
Fitur “turbo” pada motor ini dapat diaktifkan melalui tombol Y-Shift. Y-Shift memberikan sensasi akselerasi kecepatan secara instan layaknya turbo dengan tiga tingkatan (Low, Medium, High). Fitur ini sangat berguna saat ingin mendahului kendaraan lain, melewati tanjakan, atau saat berkendara berboncengan. Selain akselerasi, Y-Shift juga dapat dimanfaatkan untuk deselerasi kecepatan saat menghadapi jalanan menurun atau saat memasuki tikungan (cornering).






