Longsor Akses Empatlawang-Kepahiyang, Sempat 12 Jam Lumpuh Total

RajaBackLink.com

EMPATLAWANG – Pasca terjadinya longsor menutupi jalan Lintas Sumatera tepatnya di Desa Remantai Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang selama 12 jam, kini akses jalan sudah dapat dilalui masyarakat. Akibat intensitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan longsor sepanjang 20 meter pukul 03.00 WIB dini hari kemarin (20/08)

Longsor tersebut mengakibatkan jalan utama menuju Kabupaten Kepahiyang Provinsi Bengkulu putus total akibat aterial tanah, batu serta pohon menutup jalan utama.

RajaBackLink.com

Menurut Pj Kades Remantai, Amrullah mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama dinas terkait, sehingga 2 alat berat diterjunkan untuk membersihkankan puing-puing longsor yang menggunung di jalan.

“Dua alat berat sudah di terjunkan, alhamdulillah sekitar pukul 9 pagi jalan sudah bisa dibuka dan dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” kata Amrul.

Senada dengan Hasan Ali Warga Remantai yang sedang dilokasi, mengatakan bahwa akses jalan sempat putus total selama 12 jam.

“Jalan terutup total, kami tidak bisa melintas selama 12 jam, dan itu sangat menyulitkan kami untuk beraktivitas, karena harus menempuh jalur putar di Poros Pendopo,” kata Hasan.

Masyarakat pun di himbau untuk berhati-hati melintas di lokasi karena jalan masih rawan longsor.

Selain melumpuhkan akses jalan lalu lintas Tebing Tinggi – Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, material longsor juga merobahkan Dua tiang listrik milik PLN Tebing Tinggi yang mengakibatkan jaringan listrik di dua desa yakni Desa Remantai dan Desa Ulak Dabuk Kecamatan Talang Padang mati total selama kurang lebih 10 jam.

Kepala ULP PLN Tebing Tinggi, Anggun Riadi mengungkapkan telah menerjunkan petugas ke lokasi

”Petugas kita sudah melaksanakan recovery perbaikan jaringan disana dan kita terjunkan 11 orang, 2 mobil dan 1 motor serta dibantu warga juga disana,” ucapnya, Sabtu (21/8).

Lanjutnya, untuk tiang listrik yang roboh akan mengganti tiang yang baru di lokasi kejadian.

“Untuk tiang patah di ganti, kita cari yang terbaik tanam tiang baru disana,”terangnya.

Dirinya mentargetkan jaringan listrik yang sempat padam akan segera dapat digunakan kembali oleh pelanggan.

” Mudah mudahan bisa normal dan sore ini mudah mudahan menyala,” bebernya. (Ken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.