Lebih 3.000 Warga Divaksin, Walikota: Pembatasan Aktifitas, Hajatan Harap Ditunda Dulu Hingga 14 Hari Kedepan

RajaBackLink.com

Laporan: Muh. Minor

LUBUKLINGGAU-Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau mengadakan vaksinasi massal Covid-19 secara gratis untuk masyarakat Kota Lubuklinggau, Sabtu (26/6/2021). Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

RajaBackLink.com

“Dihari pertama vaksinasi massal ini sudah lebih dari 3.000 warga telah divaksin sampai sore ini. Mudahan-mudahan antusias warga ini semakin memperbanyak jumlah warga yang sudah divaksin,” ujar Walikota H.SN Prana Putra Sohe.

Pihaknya juga kembali menghimbau warga untuk patuhi prokes, karena kasus Covid baru telah ada 33 kasus positif.

“70 persen sal pasien Covid terisi di rumah sakit. Kita harapkan di Lubuklinggau tidak terjadi lonjakan. Untuk itu, mulai 2 Juli ini kegiatan-kegiatan, baik acara pemerintahan, hajatan dan resepsi pernikahan harap ditunda dulu. Kawinan akad nikah tetap boleh, untuk pembatasan aktifitas cafe dan jalan juga berlaku dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB hingga 14 hari kedepan,” tegas Walikota, dimana untuk rencana sekolah tatap muka juga akan dilakukan evaluasi.

Sementara, vaksinasi massal ini dipusatkan di empat zona dalam wilayah Kota Lubuklinggau, yakni zona satu terdiri dari Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Kecamatan Lubuklinggau Barat II dengan lokasi di Makodim 0406 Lubuklinggau. Selanjutnya zona dua, Kecamatan Lubuklinggau Timut l dan Lubuklinggau Timur II, di Mapolres Lubuklinggau.

Kemudian zona tiga mencakup wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Selatan II, di Gedung Auditorium Kompleks eks Perkantoran Bupati Musi Rawas Taba Pingin dan zona empat terdiri dari Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Kecamatan Lubuklinggau Utara II di RSUD Petanang serta SMP Negeri 3 Lubuklinggau.

Masyarakat yang divaksinasi terdiri dari lansia, guru, pelayan publik, penyandang disabilitas, ODGJ, pedagang pasar atau warung, supir dan tukang ojek (ojol). Adapun syarat yang dibawa saat vaksinasi hanya menunjukkan KTP Lubuklinggau serta nomor HP yang aktif.

Terkait pelaksanaan vaksin, untuk zona satu kerjasama antara Puskesmas Perumnas, Puskesmas Sidorejo, Puskesmas Maha Prana, RS. AR Bunda dan Rumkitban. Untuk zona dua, kerjasama Puskesmas Citra Medika, Puskesmas Swasti Saba, Puskesmas Taba, Urdokes Polres dan Rumah Sakit Siloam.

Selanjutnya zona tiga berasal dari tenaga Puskesmas Sumber Waras, Puskesmas Simpang Periuk dan Rumah Sakit Siti Aisyah dan zona empat kerjasama Puskesmas Megang, Puskesmas Petanang dan RSUD Petanang.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Republik Indonesia sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75.

Untuk pemberian dosis kedua akan dilaksanakan di Puskesmas sesuai dengan zone domisili bersangkutan. Petugas kesehatan akan menghubungi melalui Hp masing-masing .(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.