Lapas Narkotika Beliti Menuju Wilayah Bebas Korupsi

MUSI RAWAS-Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kemenkumham Sumsel optimis meraih predikat sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) berlandaskan semua program dan gebrakan yang sudah dilakukan selama ini. Rasa optimis disampaikan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kemenkumham Sumsel, Rudik Erminanto saat mengikuti kegiatan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Sabtu (21/5).
Bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Sumsel, kegiatan yang dimoderatori Hamsir selaku Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kemenkumham Sumsel ini. Kegiatan dihadiri empat orang TPI Tim 2 diketuai Ardiles Ricky Susilo, Agung Natanael selaku pengendali teknis, Retna Wandita dan Ninda Wahyu Hapsari selaku anggota tim.
Kegiatan Desk Evaluasi sendiri diikuti Kalapas Narkotika Muara Beliti Kemenkumham Sumsel, Rudik Erminanto sebagai Ketua Tim ZI, dan Ketua Pokja serta anggota operator Pokja pembangunan Zona Integritas Lapas Narkotika Muara Beliti. Kalapas Rudik memperkenalkan para anggota Tim Pokja mengawali kegiatan evaluasi, lalu menampilkan yel-yel Lapas, video jingle Lapas serta video profil Lapas.
Dalam paparannya, Kalapas Rudik selaku Ketua ZI Lapas Narkotika Muara Beliti Kemenkumham Sumsel menjelaskan kondisi Lapas dan memperkenalkan Maskot Lapas, yaitu Mang Solid. Diambil nama Solid karena menunjukkan jiwa yang Sinergi, Fokus, Loyal, Inovatif dan Dedikasi.
“Mang Solid sebagai bentuk jiwa kami dalam bekerja membangun Zona Integritas dan lingkungan kerja yang baik di Lapas Narkotika Muara Beliti,” tegas Kalapas.
Kalapas Rudik juga mengunggulkan inovasi lapas, yaitu Simpeldik yang merupakan Sistem Pelayanan Narapidana dan Anak Didik. Dengan adanya Sistem ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai kunjungan online, pengajuan remisi, integrasi dan lain sebagainya.
Selesai sesi paparan, Tim Pokja ZI Lapas Narkotika Muara Beliti dilakukan sesi tanya jawab oleh TPI, serta mendapat masukan yang baik dalam pembangunan Zona Integritas di Lapas Narkotika Muara Beliti.Diakhir kegiatan, dilakukan foto bersama Tim Pokja ZI Lapas Narkotika Muara Beliti bersama Tim Penilai Internal.
“Tentu kita sudah melalukan yang terbaik dalam mewujudkan Zona Integritas di Lapas Narkotika Muara Beliti, masukan dan saran oleh Tim Penilai Internal kepada kita sangat membantu dalam persiapan data dan apa-apa yang dibutuhkan kita dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi Lapas Narkotika Muara Beliti,” ujar Kalapas Rudik. (rls/pnc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.