Disbudpar Musi Rawas Gelar Pekan Kebudayaan Daerah 2022

MUREKS.CO.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas (Mura) Propinsi Sumatera Selatan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah 2022 dengan tema “Pelestarian Kebudayaan Daerah Musi Rawas (kearifan budaya lokal)”.  Kegiatan dikemas dalam Festival Lan Serasan Sekantenan ini dibuka Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, Rabu, 21 September 2022.

Pekan Kebudayaan Daerah ini dilaksanakan dua hari 21 hingga 22 September 2022 dengan berbagai lomba. Diantaranya lomba teater, lagu daerah dan paduan suara.

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti didampingi Kepala Disbudpar Samsul Joko dan Kabag Sumda Polres Musi Rawas Kompol Horison Manik foto bersama dewan juri dan panitia

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti menyambut baik kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah diadakan Disbudpar tersebut. Menurutnya pelestarian kebudayaan di Kabupaten Musi Rawas harus tetap digencarkan.

Suwarti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Musi Rawas.  Khususnya panitia Disbudpar Musi Rawas. Dia berharap dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah dapat memajukan daerah tanpa meninggalkan ciri khas budaya.

Wakil Bupati Hj Suwarti didampingi Kepala Disbudpar Musi Rawas Samsul Joko foto bersama pemangku adat dari 14 kecamatan

“Saya berharap kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga Kabupaten Mura menjadi daerah yang maju tanpa meninggalkan ciri khas adat istiadat dan budaya serta dikenal oleh para wisatawan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kabupaten Musi Rawas, Syamsul Joko Karyono mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat.

Kepala Disbudpar Musi Rawas Samsul Joko memasangkan selendang songket saat menyambut kedatangan Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti pada acara pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah. 

Khususnya masyarakat Kabupaten Musi Rawas untuk berperan aktif dalam berinovasi melestarikan seni dan budaya. Selain itu untuk menggali ponsi seni dan kebudayaan daerah yang tersebar di 14 kecamatan di wilayah kabupaten Musi Rawas.  “Selain itu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap seni dan budaya yang ada,” kata Joko.

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti (tengah) didampingi Kepala Disbudpar Samsul Joko dan Kabag Sumda Polres Mura Kompol Horison Manik

Samsul Joko Karyono juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya mengenal sejarah lokal adalah sarana dalam mengenal kebudayaan meliputi nilai-nilai seni dan kehidupan.

“Melalui Pekan Kebudayaan Daerah, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan budaya daerah. Karena kehidupan tidak terlepas dari nilai-nilai kebudayaan,” ungkapnya.

Selain Wakil Bupati Hj Suwarti, kegiatan ini dihadiri Kapolres Musi Rawas diwakili Kabag Sumda Kompol Horison Manik, perwakilan kepala OPD serta para pemangku adat di 14 kecamatan wilayah Kabupaten Musi Rawas. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.