Ciptakan PLTMh 1.000 Watt Bermodalkan Rp2 Juta

RajaBackLink.com

EMPATLAWANG-Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Empat Lawang, H Amran Rosyadi ZA, berhasil menciptakan Pembangkit Listrik Teknologi Mikrohidro (PLTMh) 1000 Watt, dengan memanfaatkan aliran Sungai Gelegah dan barang bekas. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghidupkan lampu alat elektronik rumah tangga, hanya menghabiskan dana Rp2 juta saja.

Pensiunan tenaga asing yang bergerak di bidang teknik mesin ini, berhasil menyulap barang bekas dan kekayaan alam yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini, yang ada di sekitar kediamannya di Gelegah, Desa Ulak Dabuk, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang.

RajaBackLink.com

“Sistem kerja pembangkit listrik ini, dihasilkan oleh aliran sungai yang dialirkan ke pipa dan derasnya air mendorong roda velg  yang di hubungkan dynamo untuk bisa berputar, sehingga menghasilkan arus listrik,” kata Amran, Kamis (11/2).

Amran menyebut, PLTMh yang diciptakannya ini mampu menghasilkan tenaga arus listrik sekitar 1000 Watt bahkan lebih sesuai kebutuhan.

“Derasnya aliran air yang di alirkan, berpengaruh juga terhadap kencangan perputaran roda. Semakin kecang roda berputar, maka semakin besar juga tegangan listrik yang dihasilkan. Untuk mengatur derasnya aliran air maka di buatlah klep di ujung pipa,” jelas Amran.

Saat ini, menurut Amran, PLTMh yang ciptakannya ini masih perlu pengembangan untuk meningkatkan tegangan listrik yang dihasilkannya sehingga dapat dimanfaatkan orang banyak.

“Dari hasil uji coba, PLTMh ini hanya mampu menghasilkan tegangan sebesar 1000 Watt, makanya hanya digunakan untuk keperluan pribadi rumah tangga saya sendiri. Kedepannya, Insyaa Allah akan bisa dibesarkan lagi pembangkit ini, agar dapat di manfaatkan oleh orang sekitarnya dan orang banyak,” tuturnya.

Sementara itu, Amran menjelaskan, dia tertarik pulang kampung ini agar dapat memanfaatkan ilmunya, karena latar belakangnya sebagai pensiunan tenaga asing ini memang bergerak di pengeboran minyak, dan tenaganya memang digunakan untuk menciptakan mesin dengan melihat kebutuhan dan manfaat alam yang bisa digunakan.

“Empat Lawang ini kaya akan wisata dan alamnyapun bisa digunakan untuk kebutuhan kita bahkan mampu meningkatkan perekonomian di Empat Lawang ini sendiri, makanya saya pulang kampung ini untuk memajukan Empat Lawang di bidang perekonomian. Saya juga mengharapkan dukungan dari pihak terkait agar kiranya dapat mengembangkan apa yang telah di rencanakannya tersebut,” tandasnya.(ken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.