BUMdes Kurang Modal Bangun Usaha Air Minum Kemasan

RajaBackLink.com

MUREKS.CO.ID – Usaha air minum kemasan akan dibangun di Desa Napal Melintang, Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas (Mura) Propoinsi Sumatera Selatan. Usaha tersebut nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hanya saja untuk membangun usaha BUMDes kekurangan Modal.

Staf  Khusus (Timsus) Bupati Musi Rawas (Mura) Bidang Desa  Elvaria Novianti, Jumat, 16 September 2022 mengatakan, di Desa Napal Melitang, Kecamatan Selangit ada sumber mata air yang sangat melimpah cocok jika dibangun usaha air minum dikelola BUMDes.

RajaBackLink.com

Namun masalahnya modalnya cukup besar mencapai Rp 500 juta. Sementara modal BUMDes dari Dana Desa (DD) paling besar Rp 200 juta. “Mungkin bisa dianggarkan dari DD tahun depan maksimal Rp 200 juta,” kata Elvaria Novianti.

Baca Juga : Hadirkan Kecamatan dan Desa Mandiri Pangan

Ditambahkannya karena kekurangan modal itu, ia  akan cari bantuan modal atau berupa bantuan peralatan di Kementerian Desa (Mendes) dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). “Di Kemdes dan Kemenaker biasanya ada bantuan berupa peralatan. Kami minta bantuan tahun depan sebab kalau tahun ini sudah tidak memungkinkan lagi karena sudah akhir tahun, namun proposalnya kita ajukan tahun ini,” jelasnya.

Elva optimis usaha air minum mineral bisa maju, apalagi didukung kebijakan kepala daerah. “Setiap hari kita membutuhkan air minum, apalagi kalau ada acara tentu banyak membtuhkan air mineral,” tambahnya.

Baca Juga : Sumsel Bakal jadi Trendsetter Pusat Pendidikan di Pulau  Sumatera

Elvaria mengakui bahwa sebagian besar kendala yang dihadapi BUMDes masalah modal. Karena modal yang dapat dianggarkan dari DD masih terbatas. “Itulah masalahnya BUMDes kesulitan mengembangkan usaha karena modalnya minim. Maka dari itu, perlu bantuan modal dari pihak lain salah satunya dengan minta bantuan ke Kementerian,” akunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.