Barakallah, Musi Rawas Raih Juara Umum 3 MTQ XXIX Tingkat Sumsel

MUSI RAWAS – Prestasi luar biasa kembali dipersembahkan Kabupaten Musi Rawas. Kabupaten dengan jargon MANTAP (Maju, Mandiri dan Bermartabat) dibawah kepemimpinan Bupati Hj Ratna Machmud baru saja sukses mencatatkan sejarah menjadi Juara Umum 3 Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 dengan raihan 8 medali emas, 12 perak dan 4 perunggu.

Pencapaian ini terbilang sangat prestisius dan sejalan dengan cita-cita besar Bupati Hj Ratna Machmud membangun 1 rumah tahfiz Al Qu’an di seluruh desa dan kelurahan. Pasalnya peringkat Kafilah Kabupaten Musi Rawas dalam MTQ tingkat Provinsi Sumsel tiga tahun terakhir meroket dengan peningkatan yg sangat tajam. Kgs Effendi Feri yang merupakan Kepala Bappeda dan juga sosok yang sangat konsen dalam hal keagamaan baik pembangunan Rumah Tahfidz Al Qur,an, bantuan pembangunan masjid di Musi Rawas dan lainnya mengungkapkan dua tahun terakhir Musi Rawas masih berada dalam 10 besar.

“Alhamdulillah. Pada MTQ tingkat Sumsel tahun 2020 Khafillah Kabupaten Musi Rawas berada di peringkat 15, kemudian naik menjadi peringkat 10 di tahun 2021 dan pada MTQ XXIX tahun 2022 tingkat Provinsi Sumsel Musi Rawas sukses menjadi Juara Umum 3 dengan raihan nilai 80 dengan total 24 medali meliputi 8 medali emas, 12 perak dan 4 perunggu,” kata Kgs Effendi Feri.

Ditambahkan Plt Kadisbun Mura itu, pengumuman Kabupaten Musi Rawas menjadi Juara Umum 3 disampaikan pada saat closing ceremony MTQ XXIX Provinsi Sumsel tahun 2022 pada Senin (30/5) malam di Asrama Haji, Palembang.

Secara keseluruhan untuk Juara Umum 1 diraih Kabupaten Ogan Ilir yang selama ini menjadi langganan juara dengan raihan nilai 123 meliputi 18 medali emas, 9 perak dan 6 perunggu. Sementara Juara Umum 2 Kota Palembang dengan 10 medali emas, 9 medali perak, 8 medali perunggu dan nilai 85.

Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud yang sangat antusias memantau bahkan mendampingi langsung para pejuang Al Qur’an Musi Rawas yang berlaga di MTQ XXIX di Palembang mengaku sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian yang sangat luar biasa itu.

“Terima kasih ya telah membawa nama baik Musi Rawas. Selamat atas pencapaiannya mendapatkan peringkat 3 se-Sumsel,” ungkap Bupati melalui Video Call kepada Kafilah MTQ Musi Rawas usai penutupan MTQ Sumsel di Asrama Haji Palembang.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada official kafilah dan para ustadz serta ustadzah yang sebelumnya telah membina dan melatih kafilah hingga berhasil menjadikan Kabupaten Mura naik tujuh peringkat dari sebelumnya (2021) peringkat 10 menjadi peringkat 3 (2022) MTQ tingkat Provinsi Sumsel.

“Yang pati, ini prestasi yang sangat luar biasa karena pada MTQ Sumsel sebelumnya, Kabupaten Musi Rawas hanya mencapai peringkat 10 dari 17 Kabupaten dan kota se-Sumsel, sedangkan tahun ini mencapai peringkat 3,” tegas Bupati yang tak henti mengucapkan syukur atas pencapain tersebut .

Pada penutupan MTQ XXIX Senin (30/5) malam di Asrama Haji Palembang, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti menerima langsung piala dan penghargaan Juara Umum 3 untuk Kafilah MTQ Musi Rawas. (pnc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.