Asah Kreativitas Gelar Pelatihan

Laporan: Agus Subhan Bakin

EMPATLAWANG– Untuk mengasah kreativitas para kader PKK Kabupaten Empat Lawang diadakan pelatihan pembuatan jumputan pewarna alami (ecoprint), Kamis (22/4) di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang.

Kegiatan dalam rangka Hari Kartini itu diikuti seluruh pengurus PKK kabupaten, pengurus PKK kecamatan, dan organisasi wanita yang ada seperti Bhayangkari, Dharma Wanita, GOW dan lainnya.

“Narasumber atau pelatihnya kami datangkan langsung dari Palembang yakni adik-adik dari GWK (galeri wong kito), yang terkenal dengan produksi kain jumputannya,” ujar Ketua TP-PKK Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Joncik.

Dijelaskannya, pelatihan ini khusus pembuatan jumputan pewarna alami dengan teknik ecoprint, yakni memanfaatkan limbah-limbah atau bahan daun yang ada di lingkungan sekitar.

“Narasumber tadi sempat menjelaskan di Empat Lawang kaya akan beraneka ragam tanaman dan tumbuhan. Sehingga bahan baku mudah didapat. Bahkan kita (Empat Lawang, red) punya bahan yang tidak dimiliki kabupaten/kota lain,” jelasnya.

Untuk saat ini, hanya sebatas praktek dan belajar teori dengan harapan bisa dikembangkan di kecamatan atau desa-desa supaya bisa jadi karya yang bisa menghasilkan nilai ekonomi.

“Ya, yang pelatihan ini ada perwakilan PKK kecamatan, supaya nanti juga dibimbing ke ibu-ibu PKK desa. Insyaallah akan berlanjut dan akan kami lakukan pembinaan sampai ke desa. Jadi intinya banyak berlatih sehingga bisa terampil,” imbuhnya.

Sementara, Ice peserta bimtek mengatakan senang dengan adanya pelatihan ini. Karena bisa mengenal cara pembuatan jumputan yang ternyata bahannya mudah didapat.

“Harapan kedepan ilmu yang didapat ini bisa dimanfaatkan dan diajarkan ke masyarakat sehingga bisa menghasilkan jumputan khas Empat Lawang dan dipasarkan,” tukasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.