Stres Dikurangi dengan Cara ini, Kesehatan Mental Lebih Baik

oleh
oleh
ilustrasi Stres
Lepaskan Stres dengan cara ini

MUREKS.CO.ID – Anda stres, begini cara kurangi stres agar mental Anda lebih baik lagi dan ada beberapa teknik untuk menghilangkan stres.

Seperti disampaiakn Founder & CEO Ganara Art Space Tita Djumaryo, salah satu cara yang efektif, yakni mencoret-coret di atas selembar kertas bermodalkan sebuah spidol, pensil warna atau pulpen hingga menghasilkan gambar abstrak yang dikenal sebagai doodle art, selama lima menit.

Sebelum mulai menggambar kata Tita Djumaryo, orang-orang perlu mencoba fokus dengan cara menutup mata.

BACA JUGA : Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Satu Dari 4 Jenis Kopi Indonesia Berasal dari Afrika

“Tutup mata dulu. Kertas ditaruh di depan. Spidolnya dibuka. Kita akan gambar sambil tutup mata mengikuti lagu. Tidak ada tekanan apa pun,” kata Tita.

Selanjutnya, mereka bisa mulai menggambar dari tengah atau pinggir kertas sembari mendengarkan lagu yang dibayangkan seperti gelombang tak kunjung berakhir.

“Goyangkan spidolnya lalu telusuri kertas, kita menjadi satu dengan diri sendiri,” tutur Tita.

BACA JUGA : Girang Petani Kelapa Sawit Sumsel, Harga TBS Naik Jadi Rp2.214 Per Kg, Daftar Harga Sesuai Umur

Melalui coretan itu, Tita mengajak orang-orang memahami bahwa saat itu yang dibayangkan hanya gelombang-gelombang yang arahnya dibebaskan.

Saat itu, mereka diminta hanya memikirkan diri sendiri dan membayangkan banyak gelombang yang yang bisa dibayangkan sebagai emosi yang lepaskan.

“Banyak jalan yang akhirnya pelan-pelan kembali menuju ke tengah. Lalu buka matanya,” kata Tita setelah meminta orang-orang yang menggambar coretan selama lima menit sembari menutup mata.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS