Pemulangan Sudah 17.942 Jemaah Haji, Meninggal Dunia Mencapai 428 Orang

oleh
oleh
Kepulangan jemaah haji Indonesia ke tanah air, Sebanyak 17.942 jemaah haji telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan tahap I.
Kepulangan jemaah haji Indonesia ke tanah air, Sebanyak 17.942 jemaah haji telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan tahap I.

MUREKS.CO.ID – Pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi ke tanah air sudah berjalan, tapi jangan lupa untuk selama proses menunggu pemulangan tetap harus menjaga kesehatan.

Jemaah diimbau tetap mematuhi pesan-pesan kesehatan yang disampaikan petugas kesehatan haji. mulai dari jangan menunggu haus, hingga tetap memakai Alat Pelindung Diri (APD) setiap menjalankan aktivitas di luar hotel.

“Selain itu, jemaah agar tetap menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Hingga pada waktunya kembali ke Tanah Air, jemaah dalam kondisi yang prima dan sehat,” kata Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin.

Fauzin menyampaikan, pada fase kepulangan jemaah, terhitung sejak tanggal 04 Juli 2023 jemaah gelombang 1 yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 12.604 orang.

BACA JUGA : Bank Sumsel Babel Syariah Lubuklinggau MoU Bersama Unpari, Perkuat Kerjasama dan Bantu UMKM

“6 Juli 2023 jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah berjumlah 6.820 jemaah atau 18 kelompok terbang (kloter),” kata Fauzin.

Sebanyak 17.942 jemaah haji telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan tahap I.

Mereka tergabung dalam 46 kelompok terbang (kloter).

“7 Juli 2023 jemaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah berjumlah 5.701 jemaah atau 15 kloter,” kata Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtadodi Jakarta.

Jumlah jemaah Indonesia yang meninggal di Tanah Suci saat ibadah haji kembali bertambah. Tercatat hingga hari ke-44 operasional haji 1444 H atau Kamis 6 Juli 2023 pukul 16.45 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 20.45 WIB, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia sudah mencapai 428 orang.

BACA JUGA : Ulu Rawas Muratara Berinternetan, Jaringan 4G Masuk, Kata Bupati ini Tidak Gampang

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), jemaah haji Indonesia terbanyak meninggal dunia di Makkah mencapai 304 orang, kemudian di Mina 66 orang, Madinah 38 orang, Arafah 16 orang, dan Jeddah 4 orang.

Kasus kematian ini masih didominasi jemaah lanjut usia (lansia) sebanyak 302 orang dengan jemaah tertua berusia 98 tahun. Sementara jemaah non-lansia (di bawah 65 tahun) yang meninggal di Tanah Suci berjumlah 126 orang dengan usia termuda 42 orang.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid mengungkapkan, seluruh jemaah meninggal di Tanah Suci akan mendapatkan hak-haknya, mulai dari pemakaman jenazah hingga asuransi yang akan diterima oleh ahli warisnya.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS