Yuk Puasa, Ini Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah dan Keutamaannya

oleh
oleh
Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah
Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah

MUREKS.CO.ID – Selain bulan Ramadan, salah satu bulan mulia dalam Islam adalah bulan Dzulhijjah. Apalagi bulan di saat pelaksaan ibadah haji dan ada keutamaan jika melaksanakan serta niat dan membaca doa puasa Dzulhijjah.

Puasa sunah yang utama bisa dilakukan mulai tanggal 1-9 Dzulhijjah.

Terkait dengan amalan puasa di bulan Dzulhijjah, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

BACA JUGA : Benarkah Kopi Bisa Sembuhkan Impotensi, Cek Kafein yang Buat Pria Keras Seksual Puas

” Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR. At-Tirmidzi)

BACA JUGA : Simak ini Rute Pergerakan Jemaah Haji Indonesia, Siap ke Arafah, Muzdalifah, Mina

Intinya, puasa tersebut memiliki tuntunan. Adapun dalil yang menunjukkan istimewanya puasa di awal Dzulhijjah karena dilakukan pula oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagaimana diceritakan dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud no. 2437 dan An-Nasa’i no. 2374. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS