2023 Muba Terget Zero Asap, Begini Jurus PJ Bupati Apriyadi

oleh
oleh
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel menargetkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin zero asap tahun 2023
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel menargetkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin zero asap tahun 2023

MUREKS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus lakukan upaya antisipasi terhadap terjadinya Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla). Selain itu menargetkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin zero asap tahun 2023.

Diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami El Nino pada 2023. Fenomena ini menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan. Indikasi ini mengacu pada 3 tahun berturut-turut terjadinya La Nina di Indonesia.

Baca Juga : Banser di Muba Dapat Wejangan dari Gubernur Herman Deru dan Pj Bupati Apriyadi

“Tentunya kondisi seperti ini menyebabkan cuaca di Indonesia menjadi lebih kering dan sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Maka dari itu perlu disiapkan langkah langkah pencegahan dan pengendalian, agar Karhutla dapat diatasi dengan baik,” ungkap Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, Minggu, 12 Maret 2023.

Dikatakannya, Pemkab Muba bersama TNI Polri dan instansi terkait, serta perusahaan perkebunan yang juga mempunyai peran harus mampu memberdayakan kekuatan personel dan peralatannya.

Sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran di Bumi Serasan Sekate. “Sesuai dengan arahan Pak Presiden pencegahan harus kita utamakan dalam hal ini,” kata Apriyadi.

Baca Juga : Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Bersama FKPD Monitoring Pelaksanaan Pilkades Serentak

Lanjutnya, luas Kabupaten Muba kurang lebih 14.265 KM2, yang terdiri dari 2,86 % lahan gambut, 14,71% pertanian, 45,83% perkebunan, dan 8,52% kawasan hutan.

Dari luas Kabupaten Muba tersebut lanjutnya, kebakaran yang terjadi mengalami tren menurun setiap tahun nya.
Tahun 2019 luasan lahan yang terbakar 32.824 hektar 1.062 hektar diantaranya lahan gambut.