SD Negeri Ini Tak Dapat Siswa Baru Sama Sekali

oleh
oleh

PACITAN, MUREKS.CO.ID – Sepi. Di saat sekolah lain ramai siswa baru yang diantar para orang tuanya ketika memasuli tahun ajaran baru pasca libur sekolah pemandangan sebaliknya terlihat di SDN 2 Gembong, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Jawa Timur. Di sekolah ini terlihat hanya beberapa anak yang mengenakan seragam dengan total jumlah guru 14 dan siswa hanya 8 orang.

Delapan siswa tersebut hanya ada di kelas 3, 4, 5 dan 6. Rinciannya kelas 1 dan 2 kosong. Sementara untuk kelas 3 hanya ada satu siswa, kelas 4 hanya ada empat siswa, kelas 5 hanya ada satu siswa, dan kelas 6 hanya ada dua siswa.

Kondisi ini dipicu karena tahun ajaran baru 2022/2023 ini, SDN 2 Gembong tidak mendapatkan siswa baru sama sekali. Bahkan ini bukan pettama kali,  tahun lalu juga tidak ada siswa baru di sekolah ini.

Akibatnya, kelas 1 dan 2 kosong. Sementara untuk kelas 3 hanya ada satu siswa, kelas 4 hanya ada empat siswa, kelas 5 hanya ada satu siswa, dan kelas 6 hanya ada dua siswa.

Sepinya peserta didik baru ini sudah terjadi sekitar 5 tahun terakhir. Pasalnya, lokasi sekolah yang berada di pegunungan dan jauh dari pemukiman ini menjadi penyebabnya

Selain itu, ada banyak anak yang belum memasuki usia sekolah. Makanya belum ad para orang tua yang mendaftarkan nknya sekolah di sini.

Para guru sudah melaporkan kondisi ini ke Dinas Pendidikan Pacitan, namun belum ada kejelasan

“Belum ada kepastian apa mau dikemanakan atau mau di-regroup belum ada kepastian itu,” ungkap Edi Purnomo, guru SDN 2 Gembong.

Kini, mereka pun pasrah menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan Pacitan, Jawa Timur.  (okeedukasi/*/net)

Editor : Panca Riatno