Singapore Open 2022 – Cetak Sejarah,  Baru Indonesia yang Bisa Punya 4 Ganda Putra di Semifinal

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Sejarah baru. Indonesia sudah boleh tersenyum sumringah setelah memastikan gelar juara dari Singapore Open 2022 sejak hari Jumat, dimana masih dua hari sebelum final yang berlangsung pada Minggu (17/7/2022).

Penyebabnya tidak lain karena hasil kemenangan empat pasangan ganda putra tanah air pada perempat final Singapore Open 2022.

Wakil Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani kompak mengalahkan lawan masing-masing.

BACA JUGA : Jadwal Semifinal Singapore Open 2022 – 6 Wakil Indonesia Berebut Tiket Final

Ahsan/Hendra menjadi pasangan pertama yang memastikan kelolosan ke babak empat besar.

Pasangan veteran berjuluk The Daddies itu bangkit dari ketertinggalan pada gim pertama untuk mengalahkan wakil India, M. R. Arjun/Dhruv Kapila, dengan skor 10-21, 21-18, 21-17.

Sabar/Reza dan Leo/Daniel menyusul. Catatan ini cukup manis karena Sabar/Reza, satu-satunya pasangan non-pelatnas, menyingkirkan Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) yang peringkatnya lebih baik dalam dua gim langsung 21-16, 21-17.

BACA JUGA : Update Protes PSSI ke AFF soal Laga Vietnam vs Thailand

Sementara Leo/Daniel menghentikan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, lewat rubber game 21-14, 17-21, 21-11.

Penggemar tepok bulu Indonesia sempat harap-harap cemas saat Fajar/Rian yang tampil belakangan kalah 16-21 pada gim pertama dari wakil tuan rumah, Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean.

Namun, pasangan yang tengah on-fire itu kembali menunjukkan taji dengan membalikkan keadaan hingga menang dengan skor kembar 21-15, 21-15 pada dua gim tersisa.

BACA JUGA : Laga Vietnam vs Thailand Sepi Penonton, Tak Sampai 50 Orang

“Alhamdulillah pastinya bersyukur, bisa memastikan terjadinya all Indonesia semifinal,” kata Rian dalam rilis dari Tim Humas dan Media PBSI.

“Artinya mau siapa pun juaranya, dia tetap membawa nama Indonesia,” sambung pemain kelahiran Bantul tersebut.

Status Indonesia sebagai salah satu kekuatan besar pada ganda putra ditegaskan pada Singapore Open 2022.

Sebab, sebelumnya belum pernah ada negara yang menguasai semua tempat di semifinal ganda putra dan ini menjadi sejarah tersendiri.

BACA JUGA : Malaysia Juara Piala AFF U-19 2022

Fakta ini dibagikan oleh komentator resmi BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia), Gillian Clark, dalam kicauannya di Twitter.

“Pertama kalinya dalam sejarah Superseries/World Tour ketika keempat pasangan ganda putra di semifinal berasal dari negara yang sama,” tulis Clark.

“Pernah terjadi di displin lainnya tetapi tidak pernah di ganda putra. Ini pertama kalinya terjadi pada turnamen ke-227 dalam Superseries/World Tour.”

With all 4 MD SFs from at the #SingaporeOpen2022 it’s the first time EVER in the history of the SS/WT that all 4 MD SFs are from the same nation. Happened in all other disciplines but never before in MD. That’s the first time in the 227th SS/WT tournament. #GillsFunFact pic.twitter.com/i7Mv1SOdXQ

— Gill Clark aka Oma Gill (@OmaGillClark) July 15, 2022.

Sekadar informasi, struktur turnamen sirkuit Superseries diperkenalkan BWF pada 2007 sebelum digantikan oleh World Tour pada 2018.

BACA JUGA : Bonus Emas Voli Putri Langsung ke Rekening Atlet dan Pelatih

Adapun dalam sejarah Singapore Open sendiri, terakhir kali babak semifinal berisikan kontestan dari negara yang sama terjadi pada 2002.

Saat itu China memastikan gelar dari tunggal putri duluan dengan kelolosan Zhou Mi, Zhang Ning, Xie Xing Fang, dan Gong Rui Na ke babak empat besar.

Publik tanah air kini tinggal menantikan pasangan mana yang akan menjadi kampiun ganda putra pada turnamen level Super 500 ini.

Doa dan harapan juga dilayangkan kepada dua wakil tanah air lainnya yang akan berlaga pada semifinal.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri).

Semifinal Singapore Open 2022 akan berlangsung di Singapore Indoor Arena, Singapura, pada Sabtu (16/7/2022) mulai pukul 12.00 WIB. (BWFBadminton.com/*)