AKPSI Dibentuk, Bupati Hj. Ratna Jadi Sekretaris V, Siap Sejahterakan Petani Sawit Musirawas

oleh
oleh

JAKARTA-Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) yang didirikan oleh Bupati kabupaten penghasil sawit Indonesia dengan beranggotakan 160 kabupaten penghasil sawit di 21 propinsi, telah berdiri dan dideklarasikan di Jakarta, pada Selasa 7 Juni 2022. Oeganisasi ini diketuai oleh Bupati Seruyan Yulhaidir dengan sekjennya Bupati Kampar Kamsol, sementara Bupati Musirawas Hj. Ratna Machmud jadi Sekretaris V AKPSI.

Seluruh Bupati yang tergabung dalam AKPSI sejak jumat kemarin sudah berada di Jakarta untuk melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) I AKPSI, direncanakan pengurus hasil munas akan dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

Bupati Musirawas Hj. Ratna Machmud menyampaikan, AKPSI memiliki visi yaitu menjadi mitra strategis pemerintah pusat dan stakeholders perkebunan sawit dalam pembangunan, penataan dan pengawasan tata kelola sawit, menjadi wadah pemerintah kabupaten memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit khususnya pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di area perkebunan sawit.
“Komitmen pemerintah dalam memperbaiki tata kelola sawit nasional mulai hulu hingga hilir menjadi momentum strategis bagi pemerintah kabupaten untuk terlibat memberikan dukungan terhadap langkah pemerintah,” ujarnya.

Indonesia menjadi produsen terbesar kelapa sawit dengan produksi 49,7 juta ton pada 2021 menguasai sekitar 54 persen produk dunia. Luas lahan saat ini ada sekitar 15,08 juta hektar yang tersebar di 160 kabupaten di 21 propinsi.
“Mempertimbangkan sawit sebagai komoditas strategis dan unggulan Indonesia maka perlu dilakukan tata kelola perkebunan sawit sesuai amanah konstitusi untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara”,paparnya

Pemerintah juga akan melibatkan para Kades,BPD, dan Koperasi yang bergerak dibidang Perkebunan sawit untuk turut andil, ini bertujuan agar persoalan pendataan benar -benar sesuai dengan fakta dilapangan.
“Pemerintah pusat butuh data yang akurat agar bisa mengambil kebijakan yang tepat, sehingga sangat diperlukan dukungan seluruh statakholder,” tambahnya.

Pelaksanaan Munas I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI ) yang akan berlangsung selama 3 hari sejak Jumat- minggu digelar di Hotel Mercure Ancol Jakarta yang diikuti oleh MUNAS I AKPSI sebanyak 800 Peserta MUNAS I AKPSI Tahun 2022 serta dihadiri ketua dewan Pembina AKPSI Jenderal TNI (HOR) (Pur) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A.*