Kenapa Protes Indonesia Belum Direspon AFF?

oleh
oleh

JAKARTA, MUREKS.CO.ID — Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) sampai saat ini belum juga membalas nota protes yang dilayangkan PSSI terkait laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022. Padahal AFF merepons protes Kamboja dengan sangat cepat hanya dalam tempo satu hari.

Sebagaimana diketahui, PSSI secara resmi mengirim nota protes ke AFF pada Selasa (12/7). PSSI memprotes pertandingan laga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam vs Thailand yang dianggap melanggar kode etik FIFA Fair Play.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada CNNIndonesia.com mengatakan AFF belum merespons nota protes yang dikirim PSSI hingga Kamis (14/7) sore ini.

BACA JUGA : Soal Vietnam vs Thailand, PSSI Resmi Ajukan Protes ke  AFF

“[Nota protes] sudah dikirim. Belum [dibalas],” ucap Iriawan singkat.

Sebelumnya AFF juga mendapat protes dari Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) pada ajang Piala AFF U-19 2022. Pada 8 Juli lalu, FFC mengirim nota protes terkait blunder wasit asal Indonesia Aprisman Aranda.

Blunder itu dilakukan Aprisman saat memimpin laga Laos melawan Kamboja yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Madya, 7 Juli lalu. Aprisman melakukan kesalahan dengan tidak mengesahkan gol Kamboja yang dicetak Hak Soknet pada menit ke-76. Laos akhirnya kalah 1-2 di laga itu.

BACA JUGA : Ganda Putra Berpeluang Kunci Partai Final Lebih Awal

Menariknya pada hari yang sama, atau 8 Juli, AFF langsung merespons protes FFC tersebut. Hal itu terungkap dalam surat AFF ke FFC yang ditunjukkan Khmer Times.

AFF melalui surat yang ditandatangani Sekjen AFF Winston Lee mengungkapkan permintaan maaf kepada Sekjen FFC Keo Sareth atas blunder Aprisman. AFF merespons surat protes yang dikirim pihak FFC pada 8 Juli.

“Sangat disesalkan gol tidak diberikan kepada tim Kamboja. Kami juga menyadari kekecewaan pendukung kalian yang sangat luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih kepada FFC yang telah mengirim surat terkait masalah ini,” tulis Lee melalui surat ke FFC.

BACA JUGA : Bonus Emas Voli Putri Langsung ke Rekening Atlet dan Pelatih

Bobot protes FFC dan PSSI terbilang sama, meski PSSI menuntut AFF melakukan investigasi terkait laga Vietnam vs Thailand. Kedua protes tersebut berawal dari keyakinan Kamboja dan Indonesia bisa lolos jika tidak terjadi permasalahan.

FFC menganggap peluang timnas Kamboja U-19 lolos ke semifinal tetap terbuka jika menang atau imbang melawan Laos.

Begitu juga dengan Timnas Indonesia U-19. PSSI meyakini Garuda Nusantara bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 jika Vietnam dan Thailand bermain secara fair play di 15 menit akhir.

Vietnam dan Thailand sendiri akhirnya gagal ke final Piala AFF U-19 2022 setelah dikalahkan Malaysia dan Laos di semifinal. (cnn/*)