G1 Mataram Didaulat Jadi Kampung Pancasila

oleh
oleh

MUSI RAWAS,MUREKS.CO.ID- Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas (Mura) dinobatkan menjadi Kampung Pancasila oleh Kodim 0406/Lubuklinggau.

Launching Kampung Pancasila tersebut dilakukan langsung Komandan Kodim 0406/Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono bersama Bupati Mura, Hj Ratna Machmud.

“Desa G1 Mataram ini merupakan desa yang masyarakatnya majemuk, baik suku dan agama, budaya, maupun sosial. Sehingga desa ini dipilih sebagai Kampung Pancasila,” kata Dandim, usai launching Kampung Pancasila, Kamis (14/7).

BACA JUGA : Maling Motor, 3 Warga Muratara Ditangkap Tim Landak

Tujuannya, kata Dandim, untuk menanamkan kembali, secara dini, nilai-nilai pancasila. Sehingga tercipta masyarakat yang saling menghormati, saling menghargai, saling toleransi.

“Yang akhirnya tercipta kerukunan antar masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, Desa G1 Mataram desa pertama yang dibentuk Kampung Pancasila. Kampung ini diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di wilayah Mura, Lubuklinggau dan Muratara.

“Kedepan kita akan terus membangun atau membentuk Kampung Pancasila di seluruh wilayah Kodim 0406 Lubuklinggau,” ungkapnya.

BACA JUGA : Di Jakarta Polisi Saling Tembak, Di Polres Mura Senpi Anggota Diperiksa

Kedepan di Kampung Pancasila, akan lakukan beragam kegiatan baik secara fisik maupun non fisik.

“Misalnya kegiatan fisik, itu bisa karya bakti, gotong royong secara bersama-sama. Non fisik bisa berupa pendidikan yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Sebelum dilaunching, di Kampung Pancasila telah menggelar lomba mural atau grafity, yang pesertanya pemuda di Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

BACA JUGA : Kalapas Narkotika Beliti Lapor ke DPR RI

“Kita juga  membuat flim pendek yang menceritakan kehidupan warga Desa G1 Mataram. Ini untuk menebarkan nilai pancasila kepada masyarakat luas,” pungkasnya.(sumeks.co/kom)