Kalapas Narkotika Beliti Lapor ke DPR RI

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kanwil Kemenkumham Sumsel mendapat kunjungan kerja dari Anggota Komisi III DPR RI Siti Nurizka dan Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti, Selasa (12/7/2022).

Dalam kunjungannya kali ini, Siti Nurizka melihat langsung dan berdialog dengan warga binaan dan mendengarkan aspirasi dari warga binaan.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rudik Ermanto menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan kerja ini.
“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan kerja dari Anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka di Lapas kami. Tentunya hal ini sangat positif karena Komisi III merupakan salah satu mitra dari Kemenkumham dalam perwujudan pembinaan yang ada di Lapas,” katanya.

BACA JUGA : Bhayangkari Peduli, Ny Irene Bagikan Sembako

Menurutnya, Pemerintah Daerah juga berperan besar atas suksesnya pembinaan yang ada di Lapas. Dengan adanya kunjungan ini, kita semua bisa tahu bagaimana keadaan warga binaan di Lapas ini, dan mereka sangat bersemangat sekali dalam menyambut kunjungan kerja ini.

“Kita over kapasitas. Jumlah warga binaan Lapas Narkotika Muara Beliti saat ini 986, sedangkan kapasitas hanya 290 orang. Sementara jumlah pegawai lapas 95 orang. Jumlah tersebut masih jauh dari cukup. Kami berharap ada penambahan bangunan dan juga penerimaan pegawai Lapas,” ungkapnya di hadapan Siti Nurizka Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI, kemarin.

Dalam kunjungan kerja ini juga, Siti Nurizka langsung meninjau keadaan Lapas, dimana sebelumnya usulan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly terkait anggaran operasional Lapas didaerah telah disetujui.

BACA JUGA : Ratusan WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti dapat Booster

2 poin utama yang menjadi sorotan adalah masalah over kapasitas yang terjadi hampir pada seluruh Lapas dan masalah kunjungan yang sudah 2 tahun ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Senada dengan ibu Siti Nurizka, Wakil Bupati, ibu Suwarti juga menjelaskan akan sorotan utama yang menjadi masalah bagi hampir seluruh Lapas mengenai overkapasitas yang terjadi.

“Kami berharap, kunjungan kerja ini dapat menjadi motivasi bagi warga binaan agar menjadi manusia yang lebih baik dan bebas dari narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPR RI Siti Nurizka mengatakan, Komisi III DPR RI sudah rapat bersama KemenkumHAM.
“Kami sudah menyetujui anggaran untuk revitalisasi bangunan lapas, juga penambahan pegawai lapas,”katanya.

BACA JUGA : Remaja di BTS Ulu Ini Nekat Coba Perkosa Tantenya Sendiri

Namun Siti Nurizka tidak hafal berapa total anggaran yang disetujui. Ia berharap ke depan permasalahan over kapasitas di Lapas Muara Beliti dapat diatasi.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti menjelaskan Siti Nurizka datang ke Kabupaten Mura dalam rangka reses. Selain ke Lapas Narkotika juga mengunjungi Mapolres Mura.

“Kami berharap dengan kehadiran anggota DPR RI ke Kabupaten Mura tahu apa yang dibutuhkan Lapas Narkotika Muara Beliti dan juga Polres Mura, untuk diperjuangkan anggarannya di Pemerintah Pusat,” kata Wabup.

“Sesuai dengan tujuan diadakan reses anggota DPR RI mendengar aspirasi di daerah dan untuk diperjuangkan di tingkat pusat. Mudah-mudahan saja apa yang menjadi harapan dari Kabupaten Mura dapat diwujudkan melalui perjuangan ini Siti (panggilan akrap Siti Nurizka),” harapnya.

Siti Nurizka dan Hj Suwarti juga sempat dialog dengan warga binaan. Dalam kesempatan dialog, warga binaan perempuan meminta bantuan pakaian seragam untuk olahraga, mixer dan sejumlah peralatan pendukung untuk membuat kue kepada Siti Nurizka.

Siti Nurizka menyatakan siap untuk memenuhi permintaan tersebut. Siti memerintahkan stafnya untuk mencatat permintaan warga binaan tersebut. “Ya nanti kita penuhi,” janjinya.(lipos/*)

Editor : Panca Riatno