Turun ke Pasar, Satgas Pangan Monitoring Harga dan Stock Pangan Pokok

oleh
oleh

MUSI RAWAS, MUREKS.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura), Jumat (08/07/2022) melalui Tim PPID, Satgas Pangan dan Jejaring Keamanan Pangan melakukan monitoring harga dan stock pangan pokok menjelang hari raya Idul Adha 1443 di dua pasar tradisional di Kabupaten Mura.

Dua pasar tradisional yang menjadi sampel monitoring Satgas Pangan yakni Pasar Baru Srikaton Kecamatan Tugumulyo dan Pasar Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti.

Hasil dari monitoring, diketahui beberapa harga komunitas bahan pokok, seperti cabe merah besar dan cabe rawit serta bawang merah relatif. Hanya saja, kenaikan bukan terjadi saat menjelang hari raya, melainkan sudah sejak 1 bulan terakhir.

BACA JUGA : Remaja di BTS Ulu Ini Nekat Coba Perkosa Tantenya Sendiri

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mura, Warindi mengatakan, Pemkab Mura mempunyai kewajiban setiap menjelang hari besar islam, seperti idul adha untuk mengecek persediaan bahan pokok penting lainnya di masyarakat.

“Kita turun untuk memastikan stok dan harga di pasaran. Untuk, stok memang sejauh ini masih aman. Namun, untuk harga memang ada beberapa bahan yang masih tinggi,” kata Warindi kepada Musirawas Ekspres, Jumat (08/07/2022).

Seperti halnya untuk harga cabe merah besar dan cabe rawit serta bawang merah, saat ini harganya masih relatif tinggi. Kondisi ini terjadi, bukan hanya di Kabupaten Musi Rawas namun juga di daerah lain.

BACA JUGA : Pastikan Bebas PMK, Kapolres Turun Monitoring Hewan Kurban

“Hal itu dikarenakan stoknya terbatas. Sebab, pasokan cabe merah besar, cabe rawit maupun bawang merah Kabupaten Musi Rawas dari luar daerah,” jelasnya.

Warindi juga menegaskan, kenaikan harga ini, bukan terjadi saat menjelang hari raya idul adha, melainkan sudah sejak 1 bulan terakhir.

“Namun, karena faktor cuaca dan perubahan iklim menyebabkan beberapa komonditas produktivitasnya tidak mencukupi dari kebutuhan biasanya. Jadi tidak heran, kalau harganya tinggi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, harga cabe merah besar kini mencapai Rp85 ribu dan juga cabe rawit bervariasi mulai dari Rp75 ribu hingga Rp120 ribu. Sedangkan harga normalnya Rp45 ribu. Kemudian untuk harga bawang putih masih normal dihargai Rp18 ribu, dan bawang merah diharga Rp58 ribu. (*)

Reporter : Eko Mustiawan

Editor : Panca Riatno