Filipina U-19 vs Indonesia U-19, Menang Harga Mati

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID. – Prediksi Timnas Indonesia vs Filipina dalam jadwal Piala AFF U19 2022 berpotensi berjalan seru demi tambahan poin untuk menjaga peluang lolos ke semifinal. Laga akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pertandingan Grup A ini akan dilaksanakan pada Jumat (8/7), dengan jam tayang pukul 20.00 WIB.

Jalannya laga bisa disaksikan melalui siaran langsung TV Indosiar dan live streaming di Vidio.com.

Timnas Indonesia U19 dituntut meraih kemenangan di 2 partai tersisa Piala AFF U19 2022. Selain menghadapi Filipina, skuad Garuda Nusantara akan kembali tampil melawan Myanmar pada partai pemungkas Grup A selang 2 hari kemudian. Pada Rabu (6/7), Timnas Indonesia U19 meraih hasil imbang dengan skor kacamata alias 0-0 saat meladeni Thailand.

Catatan yang sama juga sempat ditorehkan dalam duel kontra Vietnam pada Sabtu (2/7). Alhasil, anak asuh Shin Tae-yong kini turun ke peringkat 4 mengemas 5 poin alias di luar zona lolos 4 besar. Kendati demikian, anak-anak Merah Putih masih memegang asa untuk tembus semifinal andai bisa menyapu bersih seluruh pertandingan berikutnya sembari berharap para rival ada yang tergelincir. Adapun 2 tiket dari Grup A masih menjadi rebutan 4 tim. Selain Indonesia, ada Vietnam (7 angka), Thailand (7 angka), dan Myanmar (6 angka) yang sama-sama mempunyai kans untuk lolos fase knock-out.

*Prediksi

Timnas Indonesia U19 terancam kehilangan salah satu kunci permainan di atas lapangan. Sang kapten tim, Marselino Ferdinan, berpotensi absen dalam partai mendatang karena cedera. Pada laga kontra Thailand, Marselino sempat dua kali mendapatkan perawatan hingga terpaksa diganti pada menit ke-43. Shin Tae-yong mulai bereksperimen dengan memasukkan bek tengah, Muhammad Ferarri, dan mendorong Dimas Pamungkas untuk bermain di area tengah lapangan.

Usai pertandingan, Shin Tae-yong memperkirakan bahwa Marselino Ferdinan sudah tidak bisa melanjutkan penampilan lagi dalam hajatan tersebut. Artinya, gelandang enerjik milik Persebaya itu berpeluang absen hingga selesainya turnamen AFF Cup U19 2022.

“Perasaan saya tidak enak melihat cedera Marselino. Sepertinya tidak bisa lagi bermain di turnamen ini,” ucap Shin, seperti dilaporkan Antaranews.

“Saya akan memikirkan soal pengganti Marselino besok. Kami fokus pemulihan untuk pertandingan melawan Filipina. Saya memerlukan waktu untuk memikirkan strategi dan taktik tanpa dia,” tegas arsitek asal Korsel tersebut.

Kini, skuad Garuda Nusantara bakal bersiap menyambut partai selanjutnya tanpa kehadiran pemain bernomor punggung 7 itu.

Duel kontra Filipina merupakan tantangan pertama dengan tuntutan meraih kemenangan demi menjaga kans lolos semifinal. Di lain sisi, Filipina sudah dipastikan tersingkir dari ajang ini. Tim berjuluk The Young Azkals ini gagal melangkah ke 4 besar karena belum mengoleksi poin. Anak asuh Christopher Pedimonte itu selalu tumbang selama bermain di Piala AFF U19 2022, yakni kalah 0-1 melawan Thailand, tumbang 1-4 kontra Vietnam, dan keok 1-3 versus Myanmar.

Hasil 2 partai tersisa tidak cukup untuk mengejar catatan Vietnam dan Thailand yang telah mengemas 7 angka. Filipina pun tidak memiliki kepentingan lagi terhadap pertandingan berikutnya. Artinya, Timnas Indonesia U19 dapat memaksimalkan laga ini untuk memburu kemenangan sekaligus menjaga peluang lolos semifinal.

Situasi calon lawan yang sedang terpuruk juga merupakan kesempatan emas untuk mengakhiri pertandingan dengan menciptakan hujan gol alias mencetak banyak gol.

* Preview
Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Filipina U-19 sendiri berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Laga ini merupakan partai hidup mati Timnas Indonesia U-19 di kancah Piala AFF U-19 2022. Meski sejatinya masih ada dua laga tersisa di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Hanya saja, kemenangan merupakan harga mati bagi tim besutan Shin Tae-yong, untuk menjaga peluang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Sebab, posisi Timnas Indonesia U-19 saat ini tidak cukup menguntungkan.

Kesempatan untuk berada di papan atas, sebenarnya bisa saja terjadi jika Timnas Indonesia U-19 tidak bermain imbang kontra Timnas Thailand U-19 di matchday ketiga Grup A.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja tertahan tanpa gol oleh Timnas Thailand U-19, pada Rabu 6 Juli 2022 malam WIB. Hasil seri tersebut tidak cukup menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-19.

Pasalnya, skuad Garuda Nusantara jadi terlempar dari posisi dua besar Grup A atau batas lolos semifinal Piala AFF U-19 2022. Garuda Nusantara kini ada di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan raihan lima poin. Ronaldo Kwateh dkk tertinggal dua angka dari Timnas Vietnam U-19, yang ada di peringkat pertama, juga Timnas Thailand U-19, yang bercokol di urutan kedua.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-19 masih di bawah Timnas Myanmar U-19, yang menempati urutan ketiga. Sejauh ini, mereka sudah mengantongi enam poin, unggul satu angka dari Timnas Indonesia U-19. Melihat persaingan sengit di grup A, maka 4 tim masih sama-sama berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

* Berita Tim
Kondisi lumayan kurang menguntungkan dihadapi oleh skuat Timnas muda asuhan Shin Tae Yong jelang laga ini. Pasalnya, salah satu pilar tangguh di lini tengah, Marselino Ferdinan diragukan tampil karena masalah cidera. Gelandang kreatif tersebut dinyatakan cidera pada saat melawan Thailand di penghujung babak pertama.

Tentunya Shin Tae Yong harus berfikir keras untuk mengatasi permasalahan taktis ini saat melawan Filipina nanti, jika Ferdinan benar-benar absen. “Perasaan saya tidak enak melihat cedera Marselino. Sepertinya tidak bisa lagi bermain di turnamen ini,” ujar coach Shin Tae Yong, dikutip Media Blitar dari Antaranews, Kamis (7/7).

“Saya akan memikirkan soal pengganti Marselino besok. Kami fokus pemulihan untuk pertandingan melawan Filipina. Saya memerlukan waktu untuk memikirkan strategi dan taktik tanpa dia,” ujar pelatih asal Korea selatan tersebut.

* Perkiraan pemain :
Indonesia U19 (4-3-3): Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Marcell Januar Putra, Dimas Juliono Pamungkas, Kakang Rudianto; Subhan Fajri, Arkhan Fikri, Rafli Asrul; Ferdiansyah Cecep, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka. Pelatih: Shin Tae-yong.

Filipina U19 (4-4-2): Lance Jeter Aquino Bencio; Zachary C. Taningco, Cian Gabriel Galsim, Dov Anthony Misael Santico Carino, Jaime Domingo Rosquillo; Sandro Miguel Sison Reyes, Antoine Ortega, Justin Lawrence Chan Frias, Cyrelle James Medez Saut; Kamil Jaser Rendon Amirul, Andres Rafael Teves Aldeguer.(net/*)