Wawako Ikut Dialog Apresiasi Program Bangga Kencana

oleh
oleh

MEDAN, MUREKS.CO.ID- Wakil Wali Kota (Wawako) Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar bersama Ketua TP PKK Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana menghadiri acara pembukaan webinar dialog Apresiasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (6/7).

Hadir langsung dalam acara pembukaan tersebut, diantaranya Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution serta sejumlah kepala daerah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menyampaikan ucapan terima kasih telah hadir di Kota Medan.

Dia menyebutkan, dalam hal Stunting, saat ini Provinsi Sumut berada diangka 25 persen. Namun pihaknya optimis pada 2024 mendatang, angka Stunting di Sumut akan berada di kisaran 14 persen. Hal itu sesuai dengan target nasional sebagaimana diharapkan Presiden Joko Widodo. “Kami di Provinsi Sumut ada 25 kabupaten dan 8 kota termasuk Kota Medan,” ungkapnya.

Walaupun demikian, diapun mengakui di beberapa daerah di Provinsi, Sumut angka Stuntingnya masih cukup tinggi. Maka dari itu, pendampingan dalam upaya penanggulangan Stunting di tingkat kabupaten/kota hingga ke desa-desa masih dirasakan sangat perlu.

“Pendampingan sangat penting, mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan, stunting dapat ditekan karena dari segi pembangunan, akan memberikan dampak negatif di masa-masa mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, dalam sambutannya mengatakan bahwa stunting adalah ancaman sebuah bangsa yang penderitanya harus ditekan seminimal mungkin.

“Target Pak Presiden pada 2024, stunting di Indonesia harus berada dibawah angka 14 perrsen. Hampir 40 persen lebih generasi muda masih beluam optimal. Inilah pentingnya investasi yang kelihatan, yakni fisik dan kualitas SDM,” sebutnya.

Ikut mendampingi Wawako dan Ketua TP PKK, Plt Sekda, Imam Senen, Kepala DPPKB, Henny Fitrianti, Kepala Disdikbud, H Dian Chandera, Kepala DP3APM, Heri Zulianta, Kepala Dinas Kominfo, M Johan Iman Sitepu, Kepala Bappeda Litbang, Emra Endi Kesuma, Kepala Disnaker, H Tamri, Kepala Dispurasip, Kamaluddin, Kabag Humas Protokol, Ongki Pranata. (rls/kom)

Redaktur : Panca Riatno