Mengusung Spirit 2013, Menuju Juara 2022

oleh
oleh

BEKASI, MUREKS.CO.ID– Tak bisa dipungkiri, kehadiran pelatih Shin Tae-yong (STY) menjadi harapan baru di tengah seretnya prestasi tim nasional Indonesia. Pada kenyataannya, memang, sejak datang akhir Desember 2019, belum ada piala yang dipersembahkan pelatih asal Korea Selatan itu. Namun, racikan tangan dingin STY mulai memberikan dampak berarti bagi perjalanan Timnas Indonesia. Bukyi nyata terbaru, STY meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.

Catatan dan torehan manis STY di Timnas senior diharapkan berlanjut ke timnas U-19 yang hari ini memulai perjuangan di pentas AFF Cup U-19 2022. Apalagi, timnas U-19 berstatus tuan rumah.

Karena itu, publik sepak bola Indonesia berharap STY tidak hanya bisa membawa timnas U-19 melaju ke final, tetapi juga bisa mengulang kesuksesan timnas U-19 pada AFF U-19 2013. Saat itu, Indonesia U-19 berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 lewat babak adu penalti di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.

STY akan berusaha mewujudkan harapan itu. Meski, pada pertandingan perdana, timnas U-19 sudah langsung bertemu lawan kuat,  yaitu, Vietnam U-19. Kedua tim akan bertanding malam ini pukul 20.30 WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat (live Indosiar).

BACA JUGA : Peluang Besar Garuda Muda di Piala AFF U-19

STY menilai Vietnam U-19 sebagai lawan berat. Namun, dia yakin skuadnya bisa melewati pertandingan pertama dengan baik. ”Apalagi, kami bermain di rumah sendiri. Suporter bisa datang ke stadion mendukung kami. Atmosfer seperti ini sangat positif untuk kami. Kami akan lebih bersemangat,” ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu dalam sesi konferensi pers di Jakarta kemarin sore.

Menurut STY, persiapan timnas U-19 sudah cukup matang untuk mengarungi AFF Cup U-19. Skuad Garuda Muda sudah berlatih bersama sejak 20 Juni. ”Sekarang waktunya kami bertanding. Kami akan bekerja maksimal demi mencapai hasil terbaik,” tegas mantan pemain dan asisten pelatih Queensland Roar tersebut.

Sementara itu, pelatih Vietnam U-19 Dinh The Nam menilai, pertandingan melawan Indonesia U-19 tidak akan mudah. Namun, dia akan meminta para pemainnya untuk berjuang habis-habisan. Meski, Vietnam U-19 akan bermain di bawah tekanan suporter Indonesia.

BACA JUGA : .Timnas U-19 Target Juara AFF, Berikut 28 Pemain Garuda Muda

”Kami datang ke sini untuk memberikan yang terbaik. Jadi, kami harus bermain maksimal sepanjang perhelatan turnamen ini,” ucapnya.

Dinh menambahkan, Indonesia U-19 merupakan salah satu lawan berat di grup A. Dia memperhatikan cara bermain Indonesia U-19 saat mereka berlaga di Toulon Cup 2022. ”Pemain Indonesia sangat cepat dan energik. Mereka bermain dengan rasa percaya diri tinggi. Kami harus mewaspadai mereka,” tegasnya. (fiq/c17/Jpg)

Perkiraan Pemain

Vietnam (4-3-3)

29-Nguyen Van Ba (g); 19-Phan Tuan Tai, 4-Vu Tien Long, 5-Trinh Quang Truong, 2-Ho Khac Luong,14-Dang Quang Tu, 10-Bui Tien Sinh (c), 8-Huynh Cong Den, 7-Tran Manh Quynh, 9-Nguyen Kim Nhat, 11-Do Tan Thanh

Pelatih: Dinh The Nam

Indonesia (4-3-3)

1-Cahya Supriadi (g), 18-Subhan Fajri, 5-Kakang Rudianto, 4-Muhammad Ferrari (c), 14-Raka Cahyana, 8-Arkhan Fikri, 3-Kadek Arel, 10-Marselino Ferdinan, 21-Alfriyanto Nico, 11-Amping Edgard, 7-Ronaldo Kwateh

Pelatih: Shin Tae-yong

Live: Indosiar pukul 20.30 WIB

Venue: Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi

Kiprah Vietnam dan Indonesia di Piala AFF U-19

Vietnam

Penampilan: 16 kali
Juara: 1 kali
Runner-up: 4 kali
Peringkat ketiga: 2 kali
Peringkat keempat: 6 kali
Fase grup: 3 kali

Indonesia

Penampilan: 10 kali
Juara: 1 kali
Peringkat ketiga: 3 kali
Fase grup: 6 kali