Kalapas Linggau Sampaikan Bela Sungkawa

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Kalapas Kelas IIA Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara mengatakan ikut berdukacita atas meninggalnya Riki Sandi (35), tahanan yang sempat kabur, Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 16.14 WIB.

“Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Riki dan Insya Allah kami juga malam ini takziah ke rumah duka,” katanya, Senin (27/6/2022).

Ia menambahkan, “Tadi kami sudah serah terima jenazah Pukul 13.00 WIB dan Insya Allah sore ini kami sudah menyerahkan tali asuh kepada keluarga Almarhum dan sepengetahuan saya keseharian Almarhum baik di Lapas,” ungkapnya.

Seperti diketahui salah satu tahanan Lapas Lubuklinggau yang kabur meninggal dunia.  Riki meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS Ar Bunda Lubuklinggau, Senin (27/6/2022), sekitar pukul 12.00 WIB.

Almarhum kemudian dibawa ke rumah duka di RT2, Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

Orang tua Riki Sandi, Safii mengatakan dirinya pada Minggu sore sudah melihat di media sosial soal adanya tahanan kabur.

Bahkan dia mengaku melihat vidio yang beredar adanya napi ditangkap saat kabur. Di vidio itu pun seperti anaknnya.

“Jadi saya hubungilah pihak lapas, ternyata benar salah satu yang mau kabur adalah Riki,” ceritanya.

Dijelaskan Safii, pada malamnya ditelpon dari pihak Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, bahwa Riki dibawa ke rumah sakit.

“Kemudian kami langsung ke rumah sakit, anak saya dikatakan perlu dirawat di ICU,” jelas Safii, saat di rumah duka, Senin (27/6/2022).

Diakuinya, dari pihak Lapas menginformasikan, bahwa Riki jatuh dari plafon saat berupaya kabur.

“Ngomongnya jatuh di dari plafon. Awal jatuh kepala tertimpa lantai. Kemudian ada lagi keterangan bagian dada yang terjatuh duluan,” katanya.

Minggu malam itu pula, kata Safii, dia mengabari anak tertuanya (kakak Riki), untuk datang ke rumah sakit. Saat itu kondisi Riki sudah tidak sadarkan diri.

Dia menegaskan, belum memikirkan penyebab lain atas meninggal  Riki. “Kami belum memutuskan logika lain. Saat ini kami fokus mengurus jenazah,” katanya.

Dia menjelaskan, rencananya jenazah Riki akan dimakamkan di TPU Siring Agung, Selasa (28/6/2022) pagi.

“Rencana dimakamkan besok. Karena masih menunggu anaknya, dan kakak perempuan Riki, dari Riau,” katanya.

Dia menambahkan, Riki sudah 1 tahun 4 bulan menjalani hukuman. Semestinya Riki menghirup udara bebas pada Desember mendatang.

Diinformasikan sebelumnya ada dua tahanan Lapas Lubuklinggau yang kabur. Namun keduanya berhasil ditangkap. (lipos.online/*)