4 Kecamatan Dapat Bedah Rumah dari Kementrian PUPR

oleh
oleh
Kgs Effedi Feri

MUSI RAWAS – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) memastikan akan membantu masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura). Bantuan yang diberikan berupa perbaikan rumah tinggal atau program bedah rumah bagi keluarga tidak mampu. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mura, Kgs Effendi Feri.
Menurut Kgs Effendi Feri, dirinya bersama jajaran dalam beberapa hari terakhir berada di Jakarta untuk melakukan koordinasi dan lobi anggaran di beberapa kementrian.
“Alhamdulillah upaya kita jemput bola ke beberapa kementrian membuahkan hasil. Dari hasil koordinasi, paparan dan juga pembicaraan lebih lanjut beberapa kementrian setuju untuk membantu beberapa program di Kabupaten Mura,” kata Plt Kadisbun Mura itu.
Salah satunya lanjut Kgs Effendi Feri yakni program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Kementrian PUPR RI. Menurutnya Kabupaten Mura mendapatkan alokasi bantuan bedah rumah tersebut dengan jumlah yang lumayan besar.
“Insha Allah ada empat kecamatan yang akan mendapatkan program bedah rumah dari Kementrian PUPR ini. Secara rinci saya belum bisa menyampaikan namun salah satunya di Kecamatan Purwodadi,: ungkapnya.
Program bedah rumah dari Kementrian PUPR ini menurutnya beda dengan program-program sebelumnya. Dimana bantuan yang diberikan sepenuhnya dari pemerintah pusat.
“Jika selama ini bantuan bedah rumah harus ada pendampingan dana atau anggaran daerah (APBD), untuk bedah rumah dari Kementrian PUPR ini tidak perlu, sepenuhnya menggunakan anggaran pusat,” papar Kgs Effendi Feri.
Selain bantuan dari Kementrian PUPR, menurut mantan Asisten di Setda Kota Lubuklinggau itu, Pemkab Mura juga mendapatkan bantuan dari Kementrian Keuangan.
“Bantuan dari Kementrian keuangan ini berupa dukungan untuk pendanaan pelaksanaan perencanaan atau DED,” paparnya.
Teknisnya, Bappeda Mura menurutnya akan koordinasi dengan SKPD lainnya khususnya yang memiliki kegiatan DED untuk menyampaikan usulan untuk mendapatkan bantuan dari Kementrian Keuangan.
“Jadi anggaran untuk kegiatan DED nantinya akan dibantu oleh Kementrian Keuangan. Teknisnya akan terus kita matangkan dan yang pasti ini bisa mengurangi beban anggaran daerah,” ungkapnya.
Kgs Effendi feri mengutarakan dirinya terus roadshow ke beberapa kementrian dan pihak-pihak terkait di pemerintah pusat untuk mencari peluang kerjasama khususnya mencari dukungan penganggaran.
“Kita melakukan paparan dan berharap program kerja atau pembangunan yang dilakukan Pemkab Mura mendapatkan dukungan khususnya anggaran dari pemerintah pusat dan pihak lainnya,” pungkas Kgs Effendi Feri. (pnc)