Vaksinasi Dosis Kedua Baru 32 Persen

oleh
oleh

MUSI RAWAS- Hingga per 7 Desember 2021, cakupan vaksinasi di Kabupaten Musi Rawas (Mura) sudah diatas 50 persen, yakni 57 persen untuk pemberian dosis pertama. Hanya saja, untuk pemberian dosis kedua masih dibilang rendah yakni baru 32 persen saja.

Kemudian berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura, bahwa untuk target sasaran vaksinasi sebanyak 295.015 orang yang didalamnya termasuk lanjut usia (Lansia), dewasa atau pelajar, pelayan publik pedagang dan lain sebagainya. Dari target tersebut, sebanyak 168.128 orang sudah mendapat dosis pertama dan 94.987 orang mendapat dosis kedua.

“Namun dengan berjalannya waktu dan pelaksanaan vaksinasi terus berjalan, sehingga data setiap harinya terus berubah,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Mura, Nanti Kasih melalui Sekretaris, M Nizar kepada Musirawas Ekspres, Rabu (8/12).

Dikatakannya, untuk mempercepat cekupan vaksinasi, Dinkes telah menurunkan tim vaksinasi kesetiap desa dengan tiga cara yaitu membuka pelayanan vaksinasi di Puskesmas dan Polsek, memberikan pelayanan disetiap moment kegiatan dan melakukan vaksinasi door to door yang dikawal bersama TNI/Polri.

“Petugas kita terus berjalan untuk melakukan vaksin, baik di Puskesmas, turun ke Desa dan juga jemput bola mendatangi rumah-rumah warga. Sehingga tidak ada alasan bagi warga belum mendapat vaksinasi,” jelasnya.

Ditambahkannya, di Kabupaten Mura sendiri ada 22 tempat pelayanan vaksinasi yakni 19 Puskesmas, dua Rumah Sakit yakni Rumah Sakir Dr.Sobirin dan Rumah Sakit Muara Beliti, dan satu lagi Klinik Polres Mura. Dari semua fasilitas kesehatan tersebut semuanya memiliki target sasaran masing-masing.
“Untuk tenaga kesehatan sudah 114,16 persen, Lansia 44,43 persen, pelayan publik 114,142 persen, masyarakat rentan dan umum 45,36 persen dan cakupan remaja mencapai 65,85 persen,” pungkasnya. (kom/jul)