Kuatkan Kapasitas, Perkokoh Kerjasama Wujudkan Keluarga Sejahtera

oleh
oleh

BERTEMPAT di Auditorium Kantor Bupati Mura, Selasa (7/12). Tim Penggerak PKK Kabupaten Mura, melaksanakan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Kabupaten Mura tahun 2021, dengan “Keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju’.
Kegiatan dihadiri langsung Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Ketua TP PKK Kabupaten Mura, H Riza Novianto Gustam beserta jajarannya dan pengurusnya, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Mura, dan unsur Forkompinda dan pihak swasta lainnya.
Peringatan HKG-PKK tingkat Kabupaten Mura tersebut juga dimeriahkan dengan pameran stand UP2K dari 14 Kecamatan, dam diisi dengan pembacaan sejarah singkat PKK, penampilan gitar tunggal, fashion show dari 14 Ketua TP PKK Kecamatan, dan penyerahan bantuan UMKM untuk Kader PKK, serta penyerahan penghargaan desa percepatan penurunan stunting.

Ketua TP PKK Mura, H Riza Novianto Gustam mengatakan, peringatanbm HKG-PKK tahun ini berbeda, karena PKK ini pondasi bagi keluarga, sehingga peringatannya harus dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, PKK hadir untuk memberikan perubahan bagi ekonomi masyarakat Kabupaten Mura.
“Sesuai tema, tentunya ini menunjukan bahwa visi pemerintah harus didukung sepenuhnya, dengan semangat membantu dan gerakan PKK untuk meningkatkan kreasi dan inovasi masyarakat. Karena kita tahu bahwa kehidupan perkembangan dunia semakin maju, dan ini butuh aksi dan kreatif agar kita mampu menjadi pelopor,” kata H Riza.
Ditambahkannya, moment HKG-PKK tahun 2021 ini, setidaknya dijadikan momen untuk evaluasi terhadap apa saja yang sudah dilakukan dan akan dilakukan. Sebab, masih banyak tugas dan PR PKK yang belum terlaksana ditahun ini. Namun dengan dukungan Bupati dan kerjasama OPD di tahun 2022 mendatang program PKK bisa dirasakan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan, TP PKK merupakan pendampingan program Pemerintah Daerah (Pemda) mulai dari Pusat, Kabupaten hingga Desa dan Kelurahan. Banyak yang harus dilakukan TP PKK, khususnya ada 10 program pokok PKK.
“Lahirnya Gerakan PKK, merupakan jawaban untuk mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin,” ucap Bupati.
Dikatakan Bupati, PKK telah memainkan peran penting dalam membantu merealisasikan program prioritas pembangunan Kabupaten Mura. Seiring prestasi yang telah diraih, peran PKK kedepan tidak akan lebih ringan dibanding saat ini, karena persoalan kemasyarakatan cenderung lebih luas dan kompleks.
“Oleh karena itu, mudah-mudahan HKG PKK ini menjadi sarana koordinasi dan konsolidasi, guna menguatkan kapasitas dan kapabilitas kader,mematangkan rencana kerja dan memperkokoh kerjasama, agar perannya kedepan benar-benar menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, khususnya dalam membantu membangun keluarga sejahtera,” tutup Bupati. (kom)