Kader PKK Muratara Ikuti Pelatihan UP2K, Harus Kreatif Packaging Produk

oleh
oleh

MURATARA – Kepengurusan dan Anggota PKK Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten mengikuti pelatihan UP2K yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-P3A), Rabu (24/11/21).

Pelaksanaan pelatihan UP2K tersebut dipusatkan di gedung siti rahma, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit. Yang dihadiri langsung oleh Ketua PKK Kabupaten Muratara Hj. Rita Suryani dan diikuti oleh seluruh peserta PKK yang berlangsung dengan lancar dan sukses.

Dalam pelatihan tersebut, pokja-pokja PKK Kecamatan menampilkan produk-produk UP2K dari kecamatan masing-masing sebagai contoh hasil kreatifvitas anggota PKK dari kecamatan.

Seperti yang ditampilkan produk UP2K dari Kecamatan Ulu Rawas keripik jengkol, kopi rabusta arabia, tepung gadung, dan kerajinan tangan dari bambu. UP2K Kecamatan Karang Dapo menampilkan sabun pencuci piring dari minyak serai, sabun mandi dari minyak serai, kain batik, dan aneka makanan ringan.

Tidak hanya itu, untuk Kecamatan Rupit menampilkan Produk UP2K Rosep Ikan, keripik ubi, kain songket, pempek ikan lambak. Sedangkan Kecamatan Rawas Ulu menampilkan produk UP2K Kopi Bubuk Asli dari Desa Remban, tepung temu lawak desa sungai baung dan emping jengkol dari anggota PKK Desa Sukomoro.

Ketua PKK Muratara Hj. Rita Suryani yang juga menjabat sebagai Wakil Rakyat Sumatera Selatan ini mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk melatih Kader PKK agar mampu meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kualitas kerja kelompok UP2K dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga yang dilakukannya dan dapat menumbuhkan kelompok-kelompok usaha ekonomi masyarakat dan atau pra koperasi dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat.

“Kami inginkan agar Pokja-Pokja PKK yang ada mampu lebih kreatif dalam penyajian produk yang akan dijual. Semua ini bertujuan agar Kader PKK meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Hj. Rita Suryani.

Dengan begitu, semoga pelatihan kita ini dapat bermanfaat dan memberikan peluang usaha yang lebih baik dan lebih mandiri dalam tampilan produk yang akan dipasarkan, sampainya.

Selain dari pada itu, dirinya juga mengajak semua kader harus bersinergi mulai tingkat desa sampai tingkat kabupaten. Dan meningkatkan perannya di dalam masyarakat, sesuai dengan misi Gerakan PKK. Teruslah berperan aktif melalui pelaksanaan 10 (sepuluh) program pokok PKK sesuai dengan situasi dan kebutuhan daerah masing-masing diwilayah Kecamatan.

“Untuk itu diharapkan kader PKK Muratara lebih dapat membaca peluang, melakukan inovasi dan kreasi terhadap peningkatan pendapatan keluarga baik di bidang kerajinan tangan maupun di bidang kuliner,” tutupnya. (Fei)