DMI Siapkan Program Pemerataan Bantuan Masjid

oleh
oleh

MUSI RAWAS-Masih adanya pengurus masjid di Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang meminta sumbangan untuk pembangunan masjid di jalan. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mura, akan menyiapkan program pemerataan bantuan untuk pembangunan masjid.

“Kami himbau kepada pengurus masjid untuk tidak meminta atau memasang kotak amal di jalan, karena sangat menganggu arus lalu lintas dan tidak baik dipandang masyarakat,” sampai Ketua DPD DMI H. Idham Kholid (Edi Yosok) kepada Musirawas Ekspres, Senin (22/11).

Dikatakan ia, larangan meminta sumbangan di jalan karena dianggap mengganggu arus lalu lintas dan pengguna jalan. Tertuang dalam surat edaran Gubernur Sumsel Nomor 338/0075/B.Kesra 2021. “Untuk di daerah sendiri secara bertahap kami sosialisasikan, karena memang sebagian masih ada yang meminta sumbangan dijalan,” imbuhnya.

Atas larangan tersebut lanjut ia, pihaknya pun akan menyiapkan program pemerataan bantuan untuk masjid di Kabupaten Musi Rawas. “Jadi misalkan dana yang sudah dikumpulkan di masyarakat ada berapa, dari donatur berapa dan kasnya berapa. Jika kurang, maka bisa diusulkan ke kami, misalkan kami bisa bantu Rp50 juta,”jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya masjid yang akan dibantu, bukan masjid yang baru melakukan peletakan batu pertama. Namun masjid yang sudah ada bangunannya, tapi kekurangan dana. “Jangan baru bangun minta bantuan, misalkan ada masih kurang bangunan tempat wudhu, belum dilantai. Karena memang masjid dan mushola di Mura cukup banyak, jadi harus bergiliran karena memang untuk anggaran kedepan sangat terbatas,” imbuhnya.

Pihaknya juga berkomitmen agar kedepan bantuan untuk masjid di Kabupaten Mura cukup besar, sehingga masjid di Kabupaten Mura akan megah dan makmur. “Bantuan yang diberikan ke masjid kami upayakan agar nominalnya besar, misalkan setiap kunjungan Bupati sebesar Rp50 juta. Jangan sampai hanya memberi bantuan dengan dikemas kunjungan Bupati hanya Rp10 juta, habis bae buat makan tamu dan masyarakat yang hadir,” pungkasnya. (jul)