Terus Promosikan Kopi Empat Lawang

oleh
oleh

EMPAT LAWANG – Prestasi gemilang diraih putra putri asal Kabupaten Empat Lawang, Halek meraih Juara II Duta Kopi Indonesia 2021 dan Kholipatul Jannah (Olif) meraih juara harapan III Duta Kopi Indonesia 2021.

Sebelumnya Halek dan Kholipatul Jannah terpilih menjadi duta kopi Kabupaten Empat Lawang. Setelah itu lanjut ke tingkat nasional, mengikuti Pemilihan Duta Kopi Indonesia ke VI tahun 2021, yang diselenggarakan Yayasan Duta Kopi Indonesia, Kementerian Pertanian RI dan Dewan Kopi Indonesia.

Akhirnya event nasional yang diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia itu, finalis putra dari Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, Halek meraih Juara II dan finalis putri Kholipatul Jannah meraih juara harapan III.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menyambut dengan sukacita kedatangan 2 Duta Kopi Indonesia di rumah dinasnya, Sabtu (20/11). Bupati tak lupa mengucapkan selamat kepada Halek yang meraih juara 2 dan Kholipatul Jannah atau yang akrab disapa Sindy meriah juara harapan III.

“Keduanya ini putra putri Empat Lawang yang mengukir prestasi di tingkat nasional. Predikat ini harus dijaga karena sudah melekat menjadi Duta Kopi, harus bisa mempromosikan dan memperkenalkan kopi Empat Lawang,” kata Bupati seraya berharap keduanya bisa kembali mengukir prestasi pada event lainnnya.

Mengenai kualitas kopi Empat Lawang, ternyata tidak kalah, bahkan lebih baik dari daerah lain. Kopi Robusta Empat Lawang sudah masuk dalam 16 kopi terbaik di Indonesia dan mendapat sertifikat indikasi geografis (IG) dari Kemenkumham RI pada 26 April 2017.

“Sekarang tugasnya sarana promosi, kemasan dan branding harus menarik. Kemudian sering ikuti event tingkat nasional ataupun Internasional,” pesan bupati.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Ir Dadang Munandar melalui Kabid Perkebunan, Agis Citrafuri SP mengatakan, event Pemilihan Duta Kopi Empat Lawang 2021 pertama kali dilaksanakan di Empat Lawang.

“Tujuannya untuk mendapatkan kaum milenial yang berjiwa entrepreneur dalam pengembangan promosi Kopi Robusta yang ada di Kabupaten Empat Lawang hingga tingkat nasional. Agar penjualan kopi robusta yang dikemas meningkat sehingga meningkatkan pendapatan petani,” kata Agis.

Alhamdulillah berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dan semua pihak telah terpilih Duta Kopi Empat Lawang yang grand finalnya dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Selasa 22 Juni 2021.

Acara tersebut dihadiri Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, S.Si, S.H, MM, MH beserta Ketua TP-PKK, Hj Hepy Safriani Joncik, S.KM.M.Kes Ketua DPRD Persi SE beserta istri dan unsur Forkopimda.

“Alhamdulilah akhirnya dengan proses yang panjang, duta kopi Empat Lawang meraih juara II dan juara harapan III tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara Halek peraih Juara II Duta Kopi Indonesia 2021 mengaku bangga dengan hasil yang diraih. “Sebagai Duta Kopi kami harus mengetahui kopi yang ada di Indonesia, harus memiliki wawasan perkopian, pengelolaan dan bagaimana cara untuk mengekspor kopi ke luar negeri,” katanya.

Putra asal Kelurahan Beruge Ilir, Kecamatan Pendopo ini, kesibukannya sekarang sebagai barista di Point Coffee, Lubuklinggau. Keahliannya meracik berbagai jenis kopi tidak diragukan lagi. “Kopi di Indonesia itu sangat berkualitas, termasuk kopi Empat Lawang. Tapi yang membedakan cara pengelolaan kopi tersebut. Jika diolah dengan bagus maka bisa menghasilkan kopi yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara Kholipatul Jannah mengatakan, dirinya selaku tenaga kesehatan akan mempromosikan kopi di bidang kesehatan. Karena kopi itu tidak hanya diminum tapi bisa untuk kecantikan dan vitamin.

“Saya sebagai bidan dan diamanahkan menjadi juara 1 Duta Kopi Empat Lawang lalu lanjut ke nasional dan meraih harapan III Duta Kopi Indonesia 2021. Inovasi saya sudah membrand kopi celup khas Empat Lawang,” kata Olif.

Jangka pangjangnya etelah menjadi pemenang, ia akan terus mempromosikan kopi Indonesia. Karena tupoksi duta kopi indonesia untuk mempromosikan kopi Indonesia, khususnya Sumsel dan Empat Lawang. (ken).