Satpol PP-Damkar Sahabat Anak, Tanamkan dan Kenalkan Damkar Sejak Usia Dini

oleh
oleh

MUSI RAWAS- Untuk mengetahui lebih jauh peran dan tugasnya, siswa dan siswi TK IT Darussalam Natural School dari Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo mengunjungi Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemdam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kamis (18/11).
“Hari ini (kemarin, red) ada kunjungan dari siswa dan siswi TK IT Darussalam Natural School dari Desa D Tegalrejo berama dengan para pembinanya,” kata Kepala Satpol PP-Damkar Mura, Dien Candra kepada Musirawas Ekspres, Kamis (18/11).
Dien mengaku, setalah kembali diterimanya kunjungan-kunjungan ke Satpol PP-Damkar, sedikitnya suda dua hari berturut-turut (Rabu-Kamis) menerima kunjungan dari siswa dan siswi TK yang ada di Kabupaten Mura.
“Sekarang kami sudah kembali menerima kunjungan, bahkan sudah dua hari berturut-turut kami mendapat kunjungan dari pelajar TK,” kata Dien.
Ditambahkannya, kedatangan para siswa dan siswi TK IT Darussalam Natural School ke Kantor Satpol PP-Damkar untuk mengetahui peran dan tugas pokok dari Satpol PP-Damkar dalam menjalankan tugas sehari-hari khususnya bidang Damkar.
“Pertama diawali dengan pemberian edukasi, kemudian diperlihatkan bagaimana cara Satpol PP-Damkar menggunakan alat pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran, baru dilanjutkan dengan praktek atau uji coba langsung,” ungkapnya.
Tentu sambung Dien, selain tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, juga dalam penyampaian edukasi dan praktek tata cara pengoperasian armada Damkar, didampingi baik oleh petugas maupun tenaga pendidik.
“Kunjungan ini kami sambut baik, selain mendekatkan Satpol PP-Damkar dengan anak-anak juga mengenalkan peran dan tugas Satpol PP-Damkar sejak dini juga penting sebagai modal dimasa depan,” ucapnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan diberikan pemahaman terhadap peran dan tugas pokok Satpol PP maupun Damkar sejak usia dini, diharapkan ketika terjadi kebarakan disekitar lingkungannya, setidaknya bisa memberikan para orang tua apa yang harus dilakukan.
“Edukasi yang telah diberikan, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat serta dapat dipergunakan untuk menolong sesama yang mengalami musibah ataupun sewaktu terjadinya kebakaran,” pungksnya. (kom)