Dari Hobi Olahraga Hingga Jadi Juri IT Nasional

oleh
oleh

Menekuni hobi hingga menjadi sebuah prestasi merupakan suatu kebanggaan serta impian semua orang. Namun hal tersebut harus tetap diiringi dengan rasa syukur agar semua yang telah diraih menjadi berkah. Begitupun dengan sosok pemuda asal Musi Rawas (Mura) yang menjadikan hobinya hingga menjadikan banyak prestasi.

RATNA SARI- LUBUKLINGGAU

Andi Rudiyanto sapaan akrabnya Rudi, itulah sosok yang menggambarkan seorang yang dulunya hobi olahraga dan saat ini tengah memetik hasil dari buah perjuangannya tersebut.

Pria kelahiran, Sumberharta 17 Mei 1993 ini hobi olahraga sudah sejak duduk dibangku sekolah. Dan berawal dari hobi berolahraga yang kemudian ia cium untuk dijadikan juri serta panitia di ajang perlombaan olahraga nasional.

Rudi ini pernah terpilih menjadi wasit juri dan panitia diajang olahraga terbesar di Indonesia, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 khusus penyandang disabilitas.

Diceritakannya, awal mula gabung di ajang tersebut pada tahun 2016 di PON Jawa Barat (Jabar) tergabung di dalam Juri Nasional Binaraga di bagian statistik, kemudian berlanjut di Setian Event Binaraga Nasional selalu di panggil/bertugas.

Masih diceritakan Rudi, untuk ajang Peparnas sendiri ia baru pertama kali ini bergabung untuk menjadi team IT angkat berat, dikarenakan penemu sistem IT cabor angkat berat dari Italia Prof Devide bersama team Italia tidak dapat hadir langsung ke Indonesia.

Oleh karena itu asisten Prof Devide asal dari Itali menunjuk Junaidi (asisten Devide) pada kejuaraan dunia untuk menggantikan beliau untuk mengatur Peparnas tergabung dalam team, antara lain Junaidi (koordinator) Jawa Barat, Andi Rudiyanto (asisten koordinator) Lubuklinggau (Sumsel), Chairul Umam (DKI Jakarta) dan Rendy (DKI Jakarta).

“Sukses dalam acara tersebut team ini akan di bawa hingga kejuaraan Asia dan dunia, “terang Rudi.

“Segala pencapaian tersebut tidak lain, berkat doa serta dukungan dari Allah SWT, orang tua, istri, anak, sahabat dan masyarakat Lubuklinggau, “ungkap ASN Guru di SDN 76 Lubuklinggau.

Selain itu, pemuda satu anak ini juga terlibat aktif dalam organisasi olahraga seperti, Sekretaris Umum PBFI Kota Lubuklinggau. Serta berpengalaman di organisasi olahraga lainnya seperti, Wakil Sekretaris 1 KONI Provinsi Bengkulu, Sekretaris Umum PBSI Provinsi Bengkulu, Bendahara Umum Bola Tangan Provinsi Bengkulu, Bidang Perwasitan PRSI Provinsi Bengkulu.

Rudi telah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Negeri(SDN) 1 Sumberharta Tahun 2004, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sumberharta Tahun 2007, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Tugumulyo Tahun 2010. Dan jenjang Strata Satu (S1) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Bengkulu (UNIB) Tahun 2014. (*)