Bahas Dana Hibah 2022, Banggar DPRD Muratara Undang KPU dan Bawaslu

oleh
oleh

MURATARA – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Musi Rawas Utara (Muratara) undang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muratara, Selasa (16/11/2021)

Undangan rapat tersebut dalam rangka mendengarkan secara langsung penjelasan selaku pihak penerima dana hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara tahun anggaran 2022.

Wakil Ketua I DPRD Muratara, Amri Sudaryono saat diwawancarai awak media usai melakukan rapat mengatakan rapat yang berlangsung di ruang Banggar DPRD tersebut dalam rangka menjalankan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 77 tahun 2020 tentang Hibah.

“Sesuai dengan Permendagri No. 77 tahun 2020 tentang Hibah, maka hari ini kita manggil seluruh penerima hibah di diantaranya KPU, Bawaslu untuk mendengarkan langsung berapa dan untuk apa saja anggaran yang diajukan oleh KPU, Rasional tidak, layak tidak menerima hibah tahun 2022 mendatang,”Kata Amri Sudaryono.

Menurut dia, Karena dana hibah dinilai seksi dan sensitif, sehingga pihaknya melihat layak atau tidak KPU mendapatkan dana hibah. Untuk selanjutnya akan dibahas langsung oleh Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Muratara.

“Kalau rasional maka kami rekomendasikan ke TAPD untuk menganggarkan,” Sebut dia.

Lebih lanjut Amri Sudaryono menjelaskan untuk usulan KPU sesuai Proposa yang diajukan sebesar Rp. 2 miliar, Namun yang diajukan pihak eksekutif ke DPRD Rp 1 M.

“Dari klarifikasi tersebut maka kami selaku badan anggaran akan membahas kembali apakah ditambah atau gimana tentunya disesuaikan dengan kemampuan daerah.” Beber dia.

Sementara disinggung untuk usulan Bawaslu Kabupaten Muratara, Amri Sudaryono menjelaskan Bawaslu tidak bisa menerima hibah langsung, karena diurus provinsi beda dengan KPU.

“Selain KPU dan Bawaslu kita juga mengundang organisasi kemasyarakatan yang penerima hibah, guna melihat apakah legal, dengan menunjukkan akta, dan rekening akta pendirian dan pastinya jumlah pengajuan hibah,” imbuhnya.(dod)