Tinggal 75 Veteran yang Tercatat

oleh
oleh

MUSI RAWAS- Hingga saat ini, hanya ada 75 orang Veteran baik Veteran Pejuang Kemerdekaan maupun Veteran Seroja yang tercatat di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura).
“Kalau data yang tercatat di Dinsos, saat ini veteran kita hanya ada 75 orang saja,” kata Kepala Dinsos Mura, Agus Susanto melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Lutfian S, saat diwawancarai Musirawaa Ekspres, Selasa (9/11).
Dikatakannya, dimana jumlah tersebut tersebut di Kecamatan Megang Sakti, Jayaloka, Sukakarya dan Kecamatan Muara Beliti. Namun, paling banyak keberadaan veteran yakni di Kecamatan Sukakarya.
“Veteran yang ada saat ini, hsia paling tua yakni 101 tahun atas nama Suprapto di Kecamatan Sukakarya. Kalau paling muda itu 95 tahun keatas,” jelasnya.
Dia menjelaskan, ada dua jenis veteran di Kabupaten Mura, yakni Veteran Pejuang Kemerdekaan dan Veteran Seroja yakni Veteran yang dari pensiunan ABRI tapi pernah bertugas di luar negeri.
“Kalau di Mura ini, paling banyak adalah Veteran Seroja. Termasuk yang masih ada saat ini atau masih hidup adalah tentara pelajar yang pernah menumpas pemberontakan,” ungkapnya.
Dia menambahkan, jumlah veteran terus berkurang, karena memang usianya yang sudah sangat tua. Bahkan, pada 17 Agustus lalu, setidaknya ada tiga veteran yang meninggal dunia.
“Dulu banyak ada ratusan, sekarang hanya ada 75 orang saja. Terbaru, pada 17 Agustus lalu ada tuga orang veteran meninggal dunia, semuanya di Kecamatan Sukakarya,” bebernya.
Disinggung mengenai bantuan yang diberikan oleh para veteran yang bersumber dari APBD Kabupaten Mura. Dia mengaku, para veteran yang notabennnya adalah seorang pensiunan, baik tentara maupun lainnya, sehingga tidak mendapat bantuan.
“Tidak ada bantuan baik dari pusat ataupun daerah, karena mereka notabennya adalah pensiunan. Tapi, di Dinsos sendiri setiap hari kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Pahlawan, selalu diberikan bingkisan berupa sembako dan buah,” pungkasnya. (kom)