327 Santunan Kematian Belum Direalisasikan

oleh
oleh

MUSI RAWAS-Meski berkas sudah dinyatakan lengkap, setidaknya ada 327 santunan kematian untuk ahli waris belum direalisasikan. Demikian disampaikan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mura, Agus Susanto melalui Sekertaris, Toha kepada Musirawas Ekspres, Senin (10/11).

“Per Senin (10/11) yang sudah direalisasikan sebanyak 1.466 sedangkan yang belum ada 327 usulan, berkas sudah lengkap dan saat ini masih proses di BPKAD Kabupaten Mura,” sampainya.

Menurut ia, dengan adanya program santunan kematian, tentunya sangat membantu ahli waris yang terkena musibah. “Kami memang tidak bisa melakukan pencairan satu persatu, misalkan begitu ngusul langsung cair tidak. Namun harus nunggu banyak dulu, kemudian proses dan cair,” jelasnya.

Sedangkan disinggung mengenai adanya perangkat desa yang tak mau membantu mengurus santunan kematian. Menurut ia tidak menjadi masalah, pasalnya siapa saja bisa membantu proses pengajuan santunan kematian asalkan semua berkas lengkap.
“Asalkan kades mau tanda tangan tidak masalah, asal berkas lengkap datang ke sini langsung kami proses,” ujarnya.

Menurut ia, dasar hukum santunan kematian tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 08 tahun 2021 tentang pedoman santuan kematian. Sedangkan untuk peraturan daerah (Perda) masih dibahas di DPRD Kabupaten Mura.

“Nah ada santunan kematian ini juga sangat membantu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura bisa mengetahui berapa banyak orang meninggal dunia dalam setiap bulannya. Selama ini memang tidak banyak mengurus, paling sebulan hanya 5-10 an saja, sekarang sebulan bisa menyampai puluhan karena adanya program santunan kematian yang mulai berjalan sejak Mei lalu,” jelasnya. (jul)