Kreatif, Pemilihan OSIS SMKN 4 Dilaksanakan dengan Demokratis

oleh
oleh

LUBUKLINGGAU-Rangkaian pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMKN 4 Lubuklinggau dilaksanakan penuh dengan kreatifitas. Pesta demokrasi yang dilaksanakan layaknya semua Pemilu (Pemilihan Umum) tepatnya oleh Komisi Pemilihan OSIS itu berjalan dengan demokratis.
Kepala SMKN 4 Lubuklinggau, Suhar Jendro melalui Pembina OSIS Isnaini Marfuatun dan Ria Darsi mengungkapkan Pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan denfan berbagai tahapan layaknya Pemilu. Diawali dengan penetapan pwnjaringan bakal calon atau jadwal pendaftaran. Setelah itu tahapan verifikasi berkas bakal calon untu kemudian ditetapkan sebagai calon.

Suhar Jendro M.Pd (Kepala SMKN 4 Lubuklinggau)

Setelah ada calon baru kemudian dilakukan pengundian nomor urut calon serta masa kampanye dimana setiap calon dipersilahkan menyampaian visi dan misi menuju hari pencoblosan atau tahapan puncak. Dari hasil pemilihan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penetapan pemenang untuk dilaksanakan pelantikan sekaligus serah terima jabatan(Sertijab).
Disampaikan Isnaini, setelah penetapan calon telah dilaksanakan tahapan kampanye selama tiga hari mulai Rabu (27/10) hingga Jumat (29/10) lalu. Tahaoan kampanye dilakukan dengan dua metode yakni secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan secara daring dengan cara meng-share link video Calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS dalam memaparkan visi dan misi mereka.
Tahapan yang paling dinantikan yakni pencoblosan juga dilakukan dengan dua metode yakni secara langsung dn daring. Tepatnya pencoblosan secara langsung dilaksanakan pada Sabtu, (30/10) untuk kelas X dan Senin (1/11) untuk kelas XI dan XII. Dilanjutkan pencoblosan secara daring untuk pelajar dan dewan guru yang tidak hadir.
Untuk pencoblosan secara langsung, pelajar dan guru diberikan surat suara yang tertera nama dan foto kandidat. Kemudian, mencoblos di bilik suara setelahnya memasukan surat suara dalam kotak suara yang disiapkan panitia. Setelah itu, wajib mencelupkan salah satu jari ke tinta, ini sebagai bukti telah memberikan hak suara.
“Pemilihan OSIS SMKN 4 Lubuklinggau dilaksanakan layaknya pelaksanaan Pemilu. Inibkita terapkan sebagai upaya kita memberikan pembelajaran berdemokrasi kepada anak didik,” tegas Isnaini.

Isnaini mengutarakan, dalam Pemilihan OSIS SMKN 4 Lubuklinggau ada tiga pasang kandidat. Ketiganya yakni nomor urut 1 pasangan Rafik dan Putri Ayu, nomor urut 2 Angga Kesuma dan Kevin Trianggara serta nomor urut tiga Widiyanto dan Nabila Gusniadi.
“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik yang menyampaikan aspirasi atau hak pilih. Dan semoga Ketua dan Wakil yang terpilih nanti adalah yang terbaik serta bisa mendukung program sekolah sejalan dengan program kerja atau visi misi yang mereka susun untuk bersama-sama memajukan Sekolah ini,” pungkasnya. (rls/net/kom)