PAW Pengurus SBH Musi Rawas Dikukuhkan

oleh
oleh

MUSI RAWAS- Wakil Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Suwarti yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Mura, menutup langsung kegiatan penguatan instruktur Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Mura, Kamis (28/10) di Taman Wisata Bukit Cogong Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas.
Dimoment yang bersamaan juga dilakukan pengukuhan pergantian antar waktu (PAW) pengurus SBH Kabupaten Mura masa bahkti 2021-2026 oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura, M Nizar.

Wabup Mura, Hj Suwarti mengatakan, hubungan SBH adalah satu dari sembilan saka lainnya yang ada di gerakan pramuka Indonesia, yang merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberi kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
“SBH bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungan,” kata Wabup.
Dikatakan Wabup, dalam SBH terdapat enam Krida yaitu, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Prilaku Hidup Bersih dan Sehat. Dengan adanya SBH ini, Wabup berharap agar dapat memahami peran dan tugasnya sebagai wadah organisasi pramuka dalam mendukung program nasional.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Mura, M Nizar mengatakan, berdirinya SBH karena dilema dan kendala yang urgen dibidang kesehatan, rendahnya upaya pemberdayaan dan kemitraan dibidang kesehatan. Sehingga, dengan hadirnya SBH menjadi model pemberdayaan kesehatan, melalui generasi muda dengan memicu perubahan perilaku hidup sehat di dalam keluarga.
“SBH memiliki enam krida, dimana semua krida tersebut saat ini dikonsentrasikan pada kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),” kata Nizar.
Ditambahkannya, dalam pelatihan penguatan instruktur SBH terdiri dari 136 orang yang tersebar di 19 Puskesmas dan 50 orang dari Dinkes Kabupaten. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapan pelaksanaan SBH pada krida-krida di Puskesmas sehingga lebih optimal dalam menggerakan masyarakat dalam Germas
“Selama kegiatan, peserta diberikan materi mulai dari materi keprajamuda dan akhirnya dilanjutkan dengan pengukuhan PAW Pengurus SBH masa bakti 2021-2023,” pungkasnya. (kom)