Pemuka Agama Terlindungi

oleh
oleh

MUSIRAWAS- Sebanyak 65 Pendeta di bawah naungan Yayasan Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah dilindungi BP Jamsostek, terhitung mulai September 2021.

Pdt. R A Polii menyampaikan saat ini sebanyak 65 Pendeta telah terdaftar BP Jamsostek dan iuran telah dibayarkan. Namun kedepan angka kepesertaan anggota API akan di tambahkan. Pasalnya, pentinganya perlindungan sosial bagi para pemuka agama dimana rutinitas yang dijalankan terdapat resiko kerja yang cukup tinggi.

“Saya juga mengajak para pemuka agama lintas agama dapat juga terlindungi di BP Jamsostek,” ujar Pdt R.A Polli.

Lanjut ia, keabsahan perlindungan jajaran para pendeta di bawah naungan Yayasan API dengan adanya acara simbolis kepesertaan oleh kepala BP Jamsostek Cabang Lubuklingga, yang dilaksanakan di Gereja GPDI Megang Sakti ini berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Lubuklinggau, Faisal Yamani usai penyerahan secarah simbolis kepesertaan anggota Yayasan API menyanpaikan, apresiasi dan rasa terima kasih atas kepercayaan terhadap BP Jamsostek.

Menurut Faisal Yamani, keputusan Yayasan API untuk menjalin kerja sama dengan pihaknya adalah tepat. Mengingat, para pendeta dengan mobilitas yang tinggi perlu adanya perlindungan jaminan sosial.

Faisal menambahkan, bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan diberikan biaya perawatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan. Kemudian, santunan sementara tidak mampu bekerja, 12 bulan pertama sebesar 100 persen dan 50 persen jika di atas 1 tahun sampai dengan pekerja tersebut dapat kembali masuk kerja.

Lalu, sambung dia, santunan kematian akibat kecelakaan kerja 48 kali upah serta 56 kali upah, bagi peserta cacat total tetap. Dan manfaat tambahan lainnya berupa Beasiswa untuk 2 orang anak dari mulai TK, sampai dengan kuliah dengan total Beasiswa sejumlah 174 juta.

“Jika terjadi musibah meninggal dunia di luar kasus kecelakaan kerja, maka untuk ahli waris akan mendapat manfaat santunan sejumlah 42 juta dan Beasiswa dengan syarat kepesertaan 3 tahun, “terang Faisal.

BPJS ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang diamanahkan oleh negara, untuk memberikan jaminan sosial. Adapun manfaat yang didapatkan dengan menjadi peserta jaminan BPJS Ketenagakerjaan, selain jaminan kecelakaan kerja dan kematian, juga pengobatan, perawatan dan santunan.

Ia juga berharap, seluruh pemuka agama, lintas agama dapat terlindungi BP Jamsostek. (ana/jul)