Gegara Kambing, Leo Tembak Herman Hingga Merenggang Nyawa

oleh
oleh

EMPATLAWANG- Leo Saputra (31), warga Desa Kemang Manis, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang yang melakukan pembunuhan terhadap Herman alias Man bin Din (58), warga Talang Padang, Selasa (12/10) sekitar pukul 14.00 WIB.

Keadaan korban ditemukan dalam posisi tertelungkup, dengan luka tembak di sekujur tubuhnya saat ditemukan saksi bersama dengan dua saksi lainnya yakni M Rais dan Nahdipul yang mendatangi korban dipondoknya, selanjutnya saksi meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar pondok untuk meminta bantuan dan melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Patria Yudha Rahadian SIK melalui Kapolsek Tebing Tinggi, AKP M Aidil Fikri mengatakan, berdasarkan keterangan para saksi, bahwa pelaku sebelumnya sempat berkelahi dengan korban.

“Hasil dari keterangan para saksi, bahwa sebelumnya pelaku ini sempat cekcok dengan korban. dan saat itulah terjadilah perkelahian antara pelaku dengan korban. Dari sanalah, pelaku menceritakan kepada saksi yakni Eko Gustiawan (35) warga Talang Padang.

“Pada saat itu pelaku menghampiri saksi dan mengatakan dirinya habis berkelahi dengan korban Herman, dan pelaku meminta saksi untuk mengecek kondisi korban di pondok milik korban apakah masih hidup atau sudah meninggal,” ucapnya.

Diterangkan AKP M Aidil, berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya nekat menghabisi korban dikarenakan masalah ternak kambing milik korban yang sering berkeliaran dan memakan tanaman milik pelaku. Bahkan pelaku sering diancam oleh korban. Karena itulah pelaku kalap dan menembaki korban dengan senapan angin sebanyak tujuh tembakan. “Saat ini, pelaku sudah kita amankan, bersama dengan barang bukti,”bebernya.

Kurang dari dua belas jam, Jajaran Polres Empat Lawang Satuan reserse Kriminal (Satreskrim) dan anggota team Polsek Tebing Tinggi,  berhasil mengamankan terduga pelaku pembunuhan korban.

Kasatreskrim Polres Empat Lawang, Wanda Dhira Bernard, SIK mengatakan, usai dilakukan penyidikan dan mengumpulkan sejumlah barang bukti di Tempat Kejadian Perkara (TKP), didapatkan lah terduga pelaku yang tak lain adalah Leo (35) warga Kemang Manis Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

“Mendapati informasi terduga pelaku pembunuhan yakni Leo yang melarikan diri kearah Pagaralam, selanjutnya berkordinasi ke polsek Pagaralam selatan, dan pelaku berhasil diamankan dan dilakukan interograsi  singkat, terduga pelaku mengakui perbuatannya telah membunuh korban dengan menggunakan  senapan angin dan kemudian  pelaku dibawa ke mako polres empat lawang untuk diproses lebih lanjut,” Kata Bernard.

Berdasarkan keterangan pelaku, bahwa korban dan pelaku sudah dua kali cecok namun sudah didamaikan.
“Kami berdua (Pelaku dan Korban) sering terlibat cekcok, dan memang sudah tidak akur lagi, nah terakhir ini saya ngusir kambing milik korban yang makani tanaman saya, sehingga saya mendatangi pondok korban dan langsung menembak korban dengan senapan angin ketubuh korban, sebanyak tujuh atau delapan tembakan,” pengakuan Leo saat di intrograsi di Mapolsek Tebing Tinggi.

Saat ini pelaku sudah diamakan berikut barang bukti berupa 1 buah karung yang masih ada bercak darah, satu buah gigi palsu, dan satu stel baju dan selana milik korban, sudah diamakan di Mapolres Empat Lawang untuk diproses lebih lanjut.(ken)