Lima Desa Belum Serahkan Laporan Realisasi Anggaran Tahun 2020

oleh
oleh

MURATARA – Laporan keuangan realisasi Pemerintahan setiap tahunya dilandasi dengan aturan dan hukum yang menjadi kewajiban bagi setiap intansi Pemerintahan baik Pemerintah Kabupatrn, Kecamatan hingga Pemerintah Desa.

Namun hal itu, berbeda dengan Lima desa dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), hingga saat ini belum menyampaikan laporan realisasi anggaran tahun 2020 lalu kedinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Kelima desa tersebut yakni: Desa Sungai Lanang Kecanatan Rawas Ulu, Desa Kerani Jaya Kecamatan Nibung, Desa Pangkalan Kecamatan Rawas Ulu, Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya dan Desa Napalicin Kecamatan Ulu Rawas.

Kepala PMD-P3A Muratara, Hj. Gusti Rohmani melalui Kabid Pem-Des Zulian Putra membenarkan saat dikonfirmasi diruanganya terkait Lima Desa tersebut belum menyampaikan laporan realisasi anggaran tahun 2020 lalu.

Menurut Zulian, menyampaikan laporan realisasi tersebut bersipat wajib bagi pemerintah desa menyampaikan dengan limit waktu sejak 3 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran 2020. Tepatnya laporan tersebut telah disampaikan pada bulan Maret 2021 lalu.

“Tapi sampai saat ini mereka belum menyampaikan laporan realisasi anggara tahun 2020” kata dia.

Dijelaskanya, dampak dari tidak menyampaikan laporan tersebut maka pemerintah desa tidak dapat menjalankan perogram kerja karna anggaran DD maupun ADD tidak akan di salurkan pemerintah Pusat maupun pemerintah Kabupaten jika Kepala Desa belum menyampaikan laporan realisasi anggaran tahun 2020.

“Maka yang dirugikan pemerintah Desa itu sendiri dan juga masyarakat desa karna program kerja didesa tidak dapat dijalankan,” jelas Zulian.

Dilanjutkanya, jika sampai desember mendatabg tidak memberikan laporan maka anggaran 2021 Lima desa tersebut berpotensi dipotong untung tahun 2022 mendatang. Dan tahun 2021 ini mereka tidak dapat melaksanakan program kerja.

Untuk mengantisipasi pemotongan anggaran tersebut, pihaknya telah melakukan teguran secara lisan maupun tertulis kepada Kades agar menyampaikan laporan realisasi anggaran 2020, sampainya.

“Kami juga menghimbau kepada kepala desa tepat waktu dalam pelaporan pertanggungjawaban realisasu anggaran,” imbuhnya.

Pihaknya juga, telah menyampaikan laporan kepihak Inspektorat dan Bupati mengenai Lima desa tersebut belum menyerahkan laporan keuangan 0ada pihaknya,” sampainya. (Fei)