Mau Pindah Tugas, 24 ASN Ikut Tes Dulu

oleh
oleh

LUBUKLINGGAU-24 orang ASN berasal dari Palembang, Muratara, Musi Rawas, Lebong, Kepahiang, OKU Timur, Pagar Alam, Ogan Komering Ilir dan Bengkulu, mengikuti tes seleksi penerimaan PNS dari instansi lain ke Pemkot Lubuklinggau, Selasa (22/09) di UPTD Bandiklat BKPSDM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani mengingatkan kepada peserta agar mengetahui mengenai Kota Lubuklinggau.
“Jangan sampai, kerja dilingkungan Pemkot Lubuklinggau tapi tidak tahu mengenai Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Secara umum sambungnya Pemkot Lubuklinggau terus berupaya mengembangkan kemampuan ASN, salah satunya dengan menerapkan sistem merit.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Tujuan penerapan sistem merit ini adalah untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki oleh orang-orang yang profesional, dalam arti kompeten dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN.

Oleh karena itu, Sekda berpesan ikuti prosesnya dengan sebaik mungkin. “Buktikan bahwa saudara siap bekerja dilingkungan Pemkot Lubuklinggau,” ucapnya seraya menambahkan setelah diterima bekerja di Pemkot Lubuklinggau, salah satu hal penting adalah mengoptimalkan kinerja.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, Yulita Anggraini menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah agar PNS yang masuk ke Kota Lubuklinggau mempunyai visi dan misi yang selaras dan dapat berkontribusi dengan baik dalam bekerja.

Ia juga mengungkapkan seleksi yang dilakukan peserta adalah seleksi administrasi, tertulis dan wawancara sedangkan pesertanya adalah mereka yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi untuk mengisi beberapa jabatan nantinya.(mnr)